20150822_102846

Seperti tahun-tahun sebelumnya, saat memasuki semester ganjil, Kampus UI disibukan dengan rangkaian kegiatan mahasiswa baru, salah satunya adalah kegiatan Orientasi Kehidupan Kampus Universitas Indonesia (OKK UI). Acara puncak OKK UI dilaksanakan di Balairung  UI pada tanggal 21 Agustus 2015 untuk mahasiswa Vokasi, Internasional, dan Paralel, sedangkan untuk mahasiswa reguler dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2015.

Tahun ini OKK UI mengangkat tema “Inisiatif Berkontribusi untuk UI dan Indonesia” dengan tagline  Inisiatif Berkontribusi! Inisiatif Berkontribusi. Melalui tema tersebut, mahasiswa baru diharapkan dapat memiliki inisiatif untuk berubah menjadi lebih baik serta dapat memberi pengaruh baik bagi orang lain dalam melakukan perubahan untuk UI dan Indonesia yang lebih baik.

Pada acara puncak, mahasiswa baru mengikuti talkshow yang dihadiri oleh tokoh-tokoh nasional sebagai pembicara. Pada hari pertama, Bapak Ito Warsito, Kepala Bursa Efek Indonesia, dan Bapak Imam Nahrawi, Menpora RI hadir sebagai pembicara. Sedangkan di hari kedua Bapak Ahmad Mukhlis Yusuf, Program Doktor UI kelas Ilmu Manajemen, dan Bapak Rahmat Gobel, pengendali Perusahaan National Gobel Group, hadir dan membagikan kisah inspiratif berdasarkan pengalaman mereka kepada mahasiswa baru.

Dalam talkshow tersebut, Bapak Rahmat Gobel menceritakan bagaimana beliau dididik oleh orang tuanya ketika beliau masih muda. Beliau bercerita bahwa meskipun beliau besar di keluarga yang sangat berkecukupan, tetapi beliau dididik untuk tidak manja. Bahkan di saat liburan, beliau harus ikut bekerja di pabrik milik orang tuanya.

Selain talkshow dengan tokoh-tokoh nasional, dalam acara puncak OKK UI juga terdapat dua talkshow lainnya, yaitu talkshow mengenai IKM dan kontribusi yang dihadiri langsung oleh perwakilan dari masing-masing organisasi yang ada di UI, dan talkshow inspiratif dengan alumni sebagai pembicara.

Setelah mahasiswa baru selesai mengikuti semua talkshow, bukan OKK UI namanya jika tidak ditutup dengan dinamika angkatan. Dinamika angkatan yang dilakukan berbeda dari tahun-tahun  sebelumnya, karena di tahun mahasiswa baru membuat bentuk makara UI. Meskipun sulit, tetapi mahasiswa baru berhasil membuat bentuk makara UI, pertanda bahwa Mahasiswa UI 2015 berhasil menjaga solidaritas angkatan. Selamat datang Mahasiswa UI 2015!