MELANJUTKAN JEJAK KEGUNDAHAN TIGAPAGI LEWAT ‘SEMBOJAN’

square_40x40-02Xcopy

 

Garpu  dan    pisau    berbahan    emas    murni,    berdenting    ramai.    Uap    dan    aroma    asam    anggur,  merebak    ke    sel uruh    ruangan    berkerai    beludru.    Nyanyian    suka-­‐cita    pada    pesta    dan    jamuan    makan    malam    yang    dihadiri    oleh    The    Royal    Society    pada    era    1660-­‐an,    menjadi    simbol    atas    perayaan    kemajuan    sains    modern.    Di    sinil ah  awal    benda-­‐benda    inovatif    dan    teknologi    hasil    penemuan    dari    eksperimen    berbasis    empiris    dipertunj ukkan.  Perayaan    ini    menuai    buaian    dan    pujaan    dengan    caranya    yang    begitu    aristokratis.    Kaum-­‐kaum    eks perimental  kelas    atas    yang    memproduksi    fakta    dan    menguji    keabsahan    suatu    ilmu    pengetahuan,    seakan   ‘memagari’  sebuah    peran    penting    pada    tatanan    masyarakat.

Lagi-­‐lagi    terlintas    kekhawatiran    Marx    dalam    renungannya    di    siang    bolong,    bahwa    hal-­‐hal    saintifik    ad alah  produk    kaum    bourjouis    yang    susah    dicerna    oleh    kaum    proletariat.    Proses    eksperimen    telah    di-­‐coup-­‐ d’etat  oleh    sains    yang    hanya    bisa    dikulik    oleh    kaum    ‘berada’.    Lalu    bagaimana    hak    eksperimental    dalam    s eni,  sahabat    karibnya    sendiri?    Istilah    ‘adikarya’    dibaptis    sebagai    wujud    ketuk    palu    untuk    mengadili    hal    it u.

Melirik  sedikit    apa    yang    tertera    dalam    pemikiran    realisme    sosialis,    antara    karya    seni    dan    kenyataan    sebenarnya    memiliki    hubungan    yang    dialektis.    Dari    satu    pihak,    kenyataan    tercermin    dalam    karya    seni,    se hingga  karya    seni    dianggap    dapat    menyajikan    suatu    tafsiran    yang    tepat    mengenai    hubungan-­‐hubungan    k ausal,  khususnya    yang    terdapat    di    dalam    masyarakat.

Rupanya  hal    ini    tak    lekang    ingin    kelompok    musik    Tigapagi    coba    terus    luruskan.    Dalam    hal    ini,    merek a    hampir    tidak    sampai    hati    membiarkan    karya    seni,    khususnya    musik,    lantas    diklaim    sebagai    bentuk    tida k    sempurna    dari    ilmu    pengetahuan    yang    fungsinya    terhenti    pada    sebatas    hiburan    semata    tanpa    menggu bris  sifat    ke-­‐adikaryaan-­‐nya.    Hal    tersebut    kemudian    makin    disadari    oleh    mereka    melalui    gejala-­‐gejala    per mintaan  pasar    yang    dewasa    ini    kian    mengalami    stagnansi.

Sejak  keluncuran    album    pertama,    Roekmana’s    Repertoire,    kematangan    dan    keseriusan    trio    ini    dala m    menggarap    materi    memang    patut    diapresiasi.    Pembenihan    proses    eksperimental    mulai    dilakukan,    ter bukti  dari    kepiawaian    mereka    mengasosiasikan    pola-­‐pola    fraktal    dalam    rangkaian    model    permainan    gitar pentatonis    khas    Pasundan    ke    dalam    ranah    yang    lebih    kontemporer.    Adapun    keproaktifan    petikan    gitar    y ang  cenderung    impulsif,    dapat    setidaknya    melindungi    para    pendengar    dari    gagasan-­‐gagasan    lagu    yang    se benarnya  pilu    dan    bernuansa    kelam.       Namun    bukan    perkara    mudah    ketika    upaya    eksperimen    ini    harus    di lanjutkan  demi    mengutarakan    lebih    dari    sekedar    nuansa    dan    gagasan,    namun    juga    kenyataan.    Pasca    gen ap  dua    tahun    berhasil    ‘mempermainkan’    mimesis    publik    melalui    hikayat    sang    Roekmana,       lantas    seperti    tidak    kapok    telah    menjebak    ego    masal    ke    dalam    lanskap    merahnya    dan    bermukim    di    sana,    kali    ini    Tigapa gi  tak    sama    sekali    beritikad    menyelamatkan    kita    dari    marabahaya    tersebut.

Melalui  sebuah    Entitas    Pendek    (EP)    bertajuk    ‘Sembojan’,    Tigapagi    malah    semakin    nyata    dalam    men gkritisi  keadaan    dengan    menanamkan    proses    eksperimen    garapan    yang    jauh    lebih    empiris    demi    keberlan jutan  faedah    karya.    Secara    garis    besar    EP    bertajuk    ‘Sembojan’    ini    merepresentasikan    isu    fundamental    ke masyarakatan  yakni    kekuatan    hidup    bersama.    Dalam    durasi       10    menit    1    detik,    pendengar    jangan    sama    se kali  berharap    akan    ditimang-­‐timang    melalui    proporsi-­‐proporsi    syahdu    serta    kalimat-­‐kalimat    yang    hanya    menjanjikan    jagat    keremangan.    Untuk    menghindari    gagalnya    pemaknaan    dan    ketersampaian    maksud,    ki an  terlihat    kegamblangan    mereka    dalam    meramu    kait-­‐demi-­‐kait    liriknya    dengan    gaya    bahasa    yang    lebih    realis.    Adapun    formulasi    tiga    buah    gitar    akustik,    vokal    dan    trio    alat    gesek    yang    semakin    matang    ditekuni    oleh    Eko    Sakti,    Prima    Dian,    Sigit    Pramudita,    dibantu    oleh,    Muhammad    Rizki    Nurhuda,    Achmad    Kurnia,    da n    Aji    Bhakti    Nugraha,    menuju    penjelajahan    harmoni    yang    lebih    dalam    pasca    Roekmana’s    Repertoire.    Sec ara    teknis    materi    EP    ini    ‘dibidani’    oleh    Tesla    Manaf    dalam    proses    kelahirannya,    serta    ‘dibajui’    secara    vis ual  oleh    seorang    komikus    berbakat,    Evans    Poton.    Masih    mengusung    konsep    ketersambungan    antar    lagu,    Entitas    Pendek    ini    terbagi    ke    dalam    tiga    sub-­‐bagian    lagu    (step/movement).

Pada    menit    awal    (00:00)    sampai    menit    ke    tiga    lewat    dua    puluh    detik    (03:20),    pendengar    akan    dibaw a    langsung    tenggelam    dalam    gubahan    instrumental    yang    profan.    Dalam    Sembojan    Bagian    1    ini,    perkawin an  gitar    dan    sayat-­‐sayat    strings    section    sukses    menjadi    mukadimah    untuk    merayakan    ego    pendengar    yan g    mulai    masuk    ke    dalam    ruang    tegangan    antara    penghayatan    dan    pemikiran.

Pada    menit    berikutnya    sampai    menit    ke    enam    lewat    dua    puluh    tiga    detik    (06:23),    vokal    Sigit    Pramu dita  mulai    berkumandang    melantunkan    Sembojan    Bagian    2.        Terdengar    sangat    jelas    syair    demi    syairnya mencolok  khas    kesusastraan    angkatan    ’45    yang    sarat    dengan    unsur-­‐unsur    pembelaan    kaum.    Liriknya    yan g    begitu    eskapis    kurang    lebih    berhasil    menghantarkan    kita    pada    identifikasi-­‐identifikasi    yang    sebagian    be sar  isunya    adalah    kemanusiaan.

Pada     rentang   menit   selanjutnya     sampai   pada     menit   terakhir   (10:01),   nuansa     sukacita     namun   kela m    makin    tajam    tercipta.    Dalam    keseluruhan    rangkaian    lagu    dalam    EP    ini,    Sembojan    Bagian    3    berperan    da lam  mempertegas    maksud    dan    tujuan    dari    gagasan    utama.    Alur    semangat    serta    lirik-­‐lirik    yang    tak    lepas    d ari  upaya    penggalangan    kekuatan,    kebersatuan    dan    kebersamaan    yang    patriotik    juga    semakin    kental    pad a    bagian    ini.    Upaya    teliti    mendengar    serta    penyimakan    makna    yang    lebih    dalam    sangat    dibutuhkan    dala m    melahap    habis    fragmen-­‐demi-­‐fragmennya.

Dengan  dilepaskannya    Entitas    Pendek    (EP)    bertajuk     ‘Sembojan’  ini,    diharapkan    dapat    mulai    tumbu h    pemahaman    yang    lebih    responsif    terhadap    musik    sebagai    sarana    penyambung    lidah    rakyat    lebih    dari    s ekedar  konsep    hiburan    saja.    Kebersikukuhan    Tigapagi    yang    sama    sekali    jauh    dari    maksud    jumawa,    bisa    ja di  sebuah    kultur-­‐kritik    demi    berkembangnya    daya    apresiasi    dan    rasionalisasi    terhadap    musik    dan    karya    s eni  lainnya.          Seperti    yang    dapat    dinukil    dari    Cala    Ibi,    “Jika    semua    adalah    metafora,    bagaimana    dengan    y ang    nyata,    yang    tengah   kau    rasa?”    (Cala    Ibi,    169),    sehingga    janganlah    sampai       si    ‘Sembojan’    ini    hanya    se kedar  menjadi    teriakan    cita-­‐cita    muluk    tanpa    membangkitkan    kesadaran    pendengar    (masyarakat)    akan    t anggung  jawabnya    sebagai    manusia    untuk    keadilan    sosial    dan    keseimbangan    tatanan.    Akhir    kata    namun    belum    akhir    cerita,    semoga    EP    ini    dapat    senantiasa    menjadi    hymne    yang    dapat    menciptakan    gagasan    da n    makna,    bukan    untuk    sekedar    menampilkannya,    melainkan    untuk    menangguhkannya.    Karena    rasa    haus itu    nyata,    maka    haus    itu    ingin    minum.    Haus    itu    bukan    dahaga    yang    merindukan    segara