x

Artis: Black Sabbath

Judul Album: 13

Label: Vertigo

 

Tigabelas merupakan angka sial bagi sebagian orang yang kira-kira percaya dengan sesuatu yang berbau takhayul. Bagi Black Sabbath, angka tersebut merupakan angka kembalinya mereka untuk memuaskan para metalhead veteran yang menunggu album baru mereka. Setelah 18 tahun penantian, akhirnya Black Sabbath merilis studio album ke-19 mereka yang bertajuk 13 dengan formasi awal mereka, Ozzy Osbourne, Tony Iommi, Geezer Butler, tanpa drummer mereka, Bill Ward. Yang menarik dari album ini ialah seluruh track drum diisi oleh drummer Rage Against The Machine dan Audioslave, Brad Wilk.

Dua track pertama album ini yaitu “End Of The Beginning” dan single mereka “God Is Dead?” memiliki nuansa gelap, horor, dan seakan menghantui. Sludge metal, doom metal, heavy metal, bahka stoner rock terdapat pada dua lagu ini. Di awal lagu kita dibawa oleh suasana gelap dengan tempo yang lambat. Tiba-tiba dipertengahan, lagu menjadi sedikit uptempo dan meledak-ledak. Berterimakasihlah kepada Tony Iommi dengan riff dan solo gitarnya yang gila. Lagu “End Of The Beginning” sedikit mengingatkan kita dengan lagu klasik mereka, “War Pigs”. Atau coba saja dengar track ‘penghibur’ album ini yang berjudul “Zeitgeist”. Lagu ballad yang sedikit basi namun cukup asik didengar diantara lagu-lagu heavy metal dalam album ini. Simak juga “Loner” yang terdengar seperti lagu rock tahun 80an dan “Age Of Reason” lagu yang memiliki banyak struktur layaknya progressive rock.

Secara keseluruhan, 13 merupakan sebuah album khas heavy metal yang klasik namun segar untuk didengarkan. Lagu mereka masih cukup kuat untuk membuat kita headbanging sambil mengetik tulisan sama seperti apa yang saya lakukan ketika membuat tulisan ini. Walaupun tigabelas dianggap angka sial, namun nampaknya seorang rockstar tidak akan peduli dengan apa yang orang lain katakan. Kita tahu bahwa para tua-tua keladi macam Ozzy Osbourne ini masih bisa berjalan dan membuat musik yang keras.

 

What to hear: End Of The Beginning, Damaged Soul, God Is Dead?