1447513094990

Bengkel Kreasi Seni Teknik kembali menyelenggarakan CRAFT UI pada 8 November 2015 di Ciputra Artpreneur Theatre. Sebagai pagelaran seni yang diselenggarakan dua tahun sekali, tahun ini CRAFT UI hadir dengan konsep yang berbeda dari konsep CRAFT UI sebelumnya yang berkonsep pentas seni dan musik.  Konsep yang diangkat CRAFT UI tahun ini adalah teater musikal bertajuk “Metropole”.

Pementasan “Metropole” yang bernuansa “Retro” ini didukung oleh lebih dari 200 mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia yang tersebar sebagai pemeran, penari, pemusik, penyanyi serta panitia. Selain itu, “Metropole” juga menggandeng vokalis dari salah satu band indie di Indonesia sebagai sutradara, yaitu Is dari Payung Teduh.

IMG_0560IMG_4629

Is memang sebelumnya sudah banyak menyutradarai teater-teater sekolah atau kampus. Sejak tahun 2003, Is selalu menciptakan teater dimana ada musik, tarian, ada dialog yang dinyanyikan. Tawaran untuk terlibat sebagai sutradara di “Metropole” sangat menarik bagi Is, karena dalam produksi sebuah teater musikal, Is pasti akan membuat banyak lagu baru. Dalam pertunjukan “Metropole”, semua musik diciptakan oleh Is sendiri, dengan sentuhan dari para cast untuk memberikan karakter yang lebih kuat.

IMG_0663

Alur cerita dari “Metropole” menceritakan tentang bagaimana kemajuan pembangunan banyak menggeser nilai nilai sosial terutama dikalangan menengah kebawah. “Metropole” bermaksud mengungkap emosi kepada khalayak dalam kesadaran hidup bermasyarakat maupun berkelompok. Melalui pementasan teater musikal ini, pesan yang ingin disampaikan oleh sang sutradara adalah mengenai bagaimana seorang manusia dapat berubah mengikuti perubahan lingkungan tanpa merusak dirinya sendiri.