LKTI

Depok – Lomba Keilmuan Teknik Industri Universitas Indonesia (LKTI UI) adalah kegiatan tahunan yang dikelola oleh Ikatan Mahasiswa Teknik Industri (IMTI) Universitas Indonesia yang berlangsung secara rutin dengan tujuan untuk ajang berkompetisi, penerapan ilmu-ilmu teknik industri, dan menjadi wadah bagi para mahasiswa teknik industri se-Indonesia untuk saling berkomunikasi.

Pada kali ini, The 16th LKTI dilaksanakan di Faculty Club dengan mengambil tema Digital Disruption: Building a Sustainable E-commerce Business. Tema tersebut diambil karena melihat industri global telah beralih dari revolusi digital menjadi era revolusi komunikasi dan informasi dengan internet. Perubahan ini didorong oleh perkembangan teknologi canggih, terutama manufaktur, transportasi, teknologi informasi dan komunikasi. Transaksi saat ini tidak hanya dilakukan secara tradisional, tetapi juga secara online. Transaksi tersebut menimbulkan perdangangan komersial melalui internet, biasa disebut e-commerce, yang telah berkembang pesat khususnya di Indonesia.

LKTI UI 2016 dimenangkan oleh Tim Universitas Gajah Mada(UGM) yang memaparkan tentang control e-commers. Dengan solusi pengaturan pekerja. “Jika pekerja tadiya secara sendiri, memakan suatu tempuh sangat jauh untuk ngambil suatu barang, lalu diganti menjadi 2 orang pekerja dengan stimultan pekerjaan yang sama”,penjelasan dari Tim UGM. Akibat dari perubahan control maka fokus inprove sistemnya pengambilan barang di zalora memproses order lebih banyak. Piker-nya bisa lebih produktifitas.

“Dengan Waze quality control zalora biasanya melakukan 24%, tapi dari penelitian kami zalora cukup sampling 12% dengan mini tab. Menurunkan Quality control kapasitas di station lebih besar waktu menjadi lebih singkat. Jadi kami tidak menyarankan hal yang mahal seperti mencari instalisasi, tapi kita lebih fokus dari hal kecil dengan efek besar”, Tim UGM memaparkan presentasinya dengan di sponsori Zalora , Kamis(24/3/2016).