Depok – Orientasi Kegiatan Kampus Universitas Indonesia (OKK UI) merupakan salah satu rangkaian kegiatan mahasiwa baru yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru UI. Pada tahun ini, puncak OKK UI diselenggarakan pada tanggal 11-12 Agustus 2017 di balairung UI dengan mengangkat tema “Semangat Satu UI”. Wanda Melani Larasati selaku Project Officer OKK UI 2017 mengungkapkan bahwa tema ini dipilih untuk mengajak para mahasiswa baru bersatu meski dengan beragam perbedaan yang ada.

Seperti tahun-tahun sebelumnya yang mengundang banyak bintang tamu, OKK UI 2017 pun juga begitu. Tahun ini sejumlah tokoh-tokoh ternama seperti Tri Rismaharini (Walikota Surabaya), Sri Mulyani (Menteri Keuangan), dan Bambang Brodjonegoro (Kepala BAPPENAS) hadir dalam puncak OKK UI 2017 untuk memberikan materi-materi kepada para mahasiswa baru. Selain tokoh-tokoh ternama, dihadirkan pula Kunto Aji, yang semakin memeriahkan acara dengan membawakan tiga buah lagu hits miliknya.

Namun, ada hal unik di OKK UI 2017 yang membedakannya dari tahun-tahun sebelumnya. Pada penyelenggaran OKK tahun ini, di sepanjang rangkaian acara mengusung cerita dengan konsep kerajaan untuk menanamkan nilai “Semangat Satu UI”. Konsep tersebut dituangkan dalam bentuk teater yang diperankan oleh ketua BEM dan ketua kerohanian se-UI.

Selain itu, para mahasiswa baru UI angkatan 2017 juga memiliki sebutan namanya tersendiri yaitu “Anagata” yang berarti masa depan. Seluruh panitia yang tergabung di dalamnya pun memiliki nama-namanya tersendiri yang berasal dari bahasa sanksekerta.

“Awalnya ikut OKK kaya mikirnya gak jelas gitu, bikin-bikin borang dan lain-lain. Tapi, OKK bener-bener jadi wadah buat aku cari temen baru dari fakultas lain, tiap mentoringnya seru, kakak-kakanya baik-baik. Kaya jadi keluarga pendamping selama PSAF yang kejam, hahaha.” Ujar Cindy Lorenza, salah satu anagata dari FKG 2017.

Semoga dengan adanya OKK UI 2017, seluruh mahasiswa baru UI dapat benar-benar bersatu seperti tema yang diambil pada tahun ini, “Semangat Satu UI”.

Ditulis oleh : Ghina Nabilah Mizanina, Reporter RTC UI 2017

Foto oleh  : Tim Dokumentasi OKK UI 2017