Bahasa Indonesia diresmikan sebagai bahasa persatuan sejak 28 Oktober 1928. Hari itu dikenal dengan Hari Sumpah Pemuda. Oleh karena itu, bulan Oktober diperingati sebagai bulan bahasa. Untuk memperingati bulan bahasa, Ikatan Keluarga Sastra Indonesia (IKSI) FIB UI dengan bangga mempersembahkan Falasido UI Jilid XI dengan tagline “Sumpah untuk bahasa, aksi untuk Indonesia!”.

Falasio UI adalah akronim dari Festival Bulan Bahasa Indonesia Universitas Indonesia. Pada tahun ini, Falasido UI sudah memasuki tahun kesebelas, lho! Falasido UI memiliki dua acara, yaitu praacara dan acara puncak. Pada praacara, Falasido UI melakukan roadshow ke beberapa fakultas di UI dan universitas di Jakarta untuk tukar wawasan mengenai bulan bahasa dan sastra Indonesia. Selain roadshow, Falasido UI akan menyelenggarakan Kopi Darat dengan tema “Membuka Rahasia Pentingnya Sastra Sejak Dahulu” pada 20 Oktober 2017 di Pelataran Gedung IX FIB UI.

Nah, acara puncak Falasido UI diselenggarakan pada 26—27 Oktober 2017. Pada hari pertama, terdapat tiga mata acara: Bengkel Penulisan Kreatif, Screening Film, dan Malam Apresiasi Puisi. Bengkel Penulisan Kreatif dan Screening Film diselenggarakan di Auditorium Gedung IX FIB pukul 10.00—selesai dan 16.00—selesai. Sementara itu, Malam Apresiasi Puisi diselenggarakan di Pelataran Gedung IX FIB.

Pada hari kedua, terdapat dua mata acara: Bedah Buku dan Malam Penutupan. Bedah Buku diselenggarakan di Auditorium Gedung X FIB UI dengan narasumbernya Boy Chandra! Tahun ini, Malam Penutupan diselenggarakan di Pelataran Gedung VIII FIB dengan menampilkan Sudhobool, Bungabel, Rachun, dan masih banyak lagi. Semua mata acara terbuka untuk umum, lho!

Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan cek lini masa kami di twitter dan instagram (@FalasidoUI) dan official account kami di LINE (@jnb0642i), serta jangan lupa intip seputar Falasido di intip.in/FalasidoUI2017. Kalian juga bisa bertanya di sana. Kami tunggu kehadirannya, ya!

CP: Desty (08118586464 / destyw)

Tertanda,

Tim Falasido UI Jilid XI

Sumpah untuk bahasa,

Aksi untuk Indonesia!

IKSI FIB UI 2017

#IKSIMengangkasa