(foto: tunfc.com)

 

Telkom University National Futsal Championship (TUNFC) merupakan kompetisi futsal antar perguruan tinggi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh UKM Bola Telkom University. Awal mula  terbentuknya TUNFC melalui UKM Bola Telkom University yang telah mengikuti berbagai kejuaraan futsal tingkat nasional, tidak hanya ingin menjadi peserta di berbagai kegiatan kejuaraan. Oleh karena itu, dibuatlah sebuah terobosan untuk menjadi penyelenggara sebuah kejuaraan nasional futsal dengan nama Telkom University National Futsal Championship. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun silaturahmi antar perguruan tinggi dan untuk menampung minat dan bakat mahasiswa Indonesia dalam bidang olahraga futsal.

TUNFC pertama kali digelar pada 30 Januari 2016 terdiri dari 24 tim yang dibagi ke dalam enam grup. Tim-tim yang berpartisipasi pada saat itu mayoritas berasal dari Pulau Jawa dan peserta terjauh berasal dari Sumatra Barat, yakni Universitas Andalas. Tim juara pada TUNFC 2016 adalah Universitas Islam Nusantara dari Bandung yang berhasil mengalahkan Universitas Negeri Jakarta dengan skor 4-1.

Di tahun berikutnya TUNFC kembali diselenggarakan, pada 4 Febuari 2017. Pada saat itu TUNFC mulai memperluas namanya dengan bertambahnya peserta yang berasal dari luar Pulau Jawa seperti Universitas Dharma Andalas dan Universitas Muhammadiyah Palembang dari Pulau Sumatra, juga Universitas Pendidikan Nasional dari Bali. Pada tahun tersebut tim juara masih dari perguruan tinggi asal bandung, yakni STKIP Pasundan Cimahi yang berhasil menang di laga final dengan skor 2-1 mengalahkan Universitas Negeri Jakarta yang lagi-lagi menjadi finalis seperti yang terjadi pada TUNFC 2016.

TUNFC selanjutnya akan diselenggarakan untuk kali ketiganya pada 9-17 Februari 2018. TUNFC 2018 akan diselenggarakan di Progresif Futsal Bandung. Tidak mau kalah untuk tahun ini para peserta datang dari berbagai penjuru Pulau di Indonesia yakni, untuk Kepulauan Jawa ada UPI bandung, Unpad bandung, Unpas bandung, Unpar bandung, Itenas bandung, Uninus bandung, Polban bandung, Unikom bandung, SKTIP Cimahi, Telkom bandung, Ugm Yogyakarta,  Atma jaya Yogyakarta, UM Yogyakarta, ITS Surabaya, Unswagati Cirebon, STT PLN Jakarta dan Atma jaya Jakarta. Kepulauan Sumatra ada Unand Padang, Unidha Padang dan Politeknik Negeri Lampung. Kepulauan Sulawesi ada STIEM Bongaya Makasar dan UMI Makasar. Kepulauan Kalimantan ada STMIK Banjarbaru.

Tidak hanya itu rangkaian acara TUNFC sendiri memiliki tiga pokok rangkaian acara, yakni Opening Ceremony, Liga dan Closeing. Pada Opening itu sendiri para pemain akan melakukan Technical Meeting dan pada malam harinya pemain akan dimanjakan pada acara Gala Dinner juga rangkaian hiburan lainnya seperti penampilan para Model cantik yang akan mengenakan Jersey dari setiap Universitas peserta TUNFC  2018, sampai dengan puncak acara yaitu drawing. Pada Liga itu sendiri para peserta akan dibagi kedalam enam grup, dilanjutkan ke babak penyisihan sampai dengan babak final. Sementara Closeing adalah puncak rangkaian acara dari TUNFC itu sendiri yang dimana laga perebutan gelar juara akan digelar, kemudia dilanjutkan pada sesi awarding.

Dengan adanya dukungan dari Pemprov Jabar dan Asosiasi Futsal Provinsi Jabar, semakin membuat event ini terasa lebih panas dari sebelumnya selain itu sehingga saat ini TUNFC tetap berhasil menjadi sarana untuk menjalin silaturahmi yang lebih luas dan juga wadah untuk mahasiswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang futsal di Indonesia untuk memajukan olahraga futsal.