Jakarta – Halo, Gen Muda! Senang banget nih pada Selasa, 19 April 2016 lalu, RTC UI kedatangan tamu sebuah band indie yang bernama Pijar. Band asal Medan yang digawangi oleh Alfredo pada vocal dan gitar, Ichsan pada gitar, Lizam pada bass, dan Aulia pada drum ini telah berbagi banyak cerita sekaligus menampilkan lagu-lagu mereka saat mengunjungi RTC UI. Band yang dibentuk pada Mei 2013 ini mengaku nekat saat ingin mengembangkan karier mereka di Jakarta. Mereka mengatakan bahwa jika di Medan banyak sekali orang yang berwatak keras dan dari Medan sendiri belum banyak band yang hijrah sampai ke Jakarta. Proses ketika mereka memutuskan untuk hijrah ke Jakarta juga tidak semulus yang dibayangkan. Salah satu kendalanya adalah bagaimana bisa hidup bersama dalam satu rumah dan jauh dari sanak keluarga. Konflik dan adu argument kerap kali mereka alami, hal ini kerap terjadi karena pembawaan dari budaya yang keras di lingkungan mereka sebelumnya. Namun, dari sekian banyak konflik dan adu argument tersebut mereka bisa mempelajari bagaimana caranya bisa tetap kompak dan sukses bersama-sama. Tinggal bersama dinilai sebagai pengalaman yang unik bagi Pijar dan tidak akan terlupakan seumur hidup.
Pada tahun 2016 ini, Pijar berhasil mengeluarkan album perdana mereka yang berjudul Exposure. Lewat album perdana ini, Pijar memiliki tujuan untuk memaparkan lagu-lagu mereka ke publik. Dalam album ini terdapat 10 lagu dan mereka memilih Selatan sebagai single perkenalan album mereka. Selatan sendiri rupanya telah mereka ciptakan sejak di Medan. Inspirasi lagu ini adalah dari khayalan Pijar jika suatu saat mereka harus pergi jauh dan pindah ke Jakarta. Lagu ini berisi harapan dari orang-orang yang tinggal jauh dari kampung halaman.
Untuk ke depannya, Pijar ingin selalu jujur dalam bermusik. Menurut mereka memainkan musik yang mereka suka adalah yang terpenting, ketimbang hanya memainkan musik yang disukai oleh orang lain. Sukses selalu untuk Pijar dan semoga Gen Muda bisa ter’exposure’ lewat karya kalian.
-Sisin-