Sejumlah 126 orang Calon Penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Angkatan ke-62 yang berasal dari berbagai disiplin ilmu dan daerah di seluruh penjuru Indonesia akan menjalani program Persiapan
Keberangkatan (PK) pada hari Senin-Jumat (4-9 April 2016) di Wisma Hijau, Depok. Melalui serangkaian program PK, para calon penerima beasiswa LPDP diharapkan dapat memiliki mental dan perilaku pembelajaran yang baik, wawasan kebangsaan dan nasionalisme yang kuat, serta pemahaman yang mendalam mengenai tantangan kontemporer yang dihadapi oleh Indonesia.

            Pada hari terakhir pelaksanaan PK, Sabtu (9/4), para calon Penerima BPI LPDP Angkatan 62 yang memiliki nama resmi Ksatria Bumantara ini akan menggelar rangkaian acara kegiatan penutupan PK yang berjudul “Festival Jaya Dirgantara Nusantara” di Wisma Hijau, Depok. Festival yang digelar bertepatan dengan Bulan Dirgantara Nasional ini mengusung spirit untuk semakin memotivasi para penerima beasiswa maupun para pengunjung untuk terus mengukir prestasi dan “mengudara” tanpa meninggalkan jati diri bangsanya.

          Closing Event ini tidak hanya bersifat seremonial, karena terdiri atas suatu rangkaian kegiatan yang unik, kreatif, sekaligus bermanfaat bagi masyarakat luas. Kegiatan yang terbuka bagi khalayak umum ini mencakup berbagai aspek kehidupan masyarakat seperti pameran dirgantara, pentas musik Angklung dan movie talkshow 40-Days in Europe, pertunjukan seni budaya tradisional, sajian jajanan nusantara, kegiatan sosial (donor darah, stress management talkshow dan medical check-up), pengembangan diri (talkshow program pertukaran pemuda dari SSEAYP International Indonesia dan Indonesian Youth Diplomacy (IYD) dan seminar inspiratif dari Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA*), hingga pendidikan (sosialisasi beasiswa LPDP dan simulasi tes bahasa Inggris/IELTS).

         Selain kegiatan-kegiatan sosial dan pemberdayaan pemuda, Festival ini juga akan menggelar pameran poster Dirgantara Indonesia yang dimaksudkan untuk memperluas wawasan para pengunjung terkait tokoh-tokoh nasional dan produk-produk terkemuka yang dilahirkan dari rahim dunia kedirgantaraan Indonesia. Penyelenggara menyatakan bahwa kegiatan ini diperkirakan akan dihadiri oleh 300 hingga 400 orang yang terdiri dari berbagai segmen terutama mahasiswa, pemuda, dan para pegawai muda dalam rentang usia 18 – 40 tahun di wilayah Jabodetabek.

             Sebelum acara penutupan digelar, selama lima (5) hari para penerima beasiswa dibekali dengan berbagai materi dari para pembicara berkualitas dan berintegritas yang dihadirkan oleh LPDP. Tujuan dari pembekalan ini adalah untuk memberikan penguatan terhadap pola pikir dan penanaman nilai-nilai bagi para penerima beasiswa agar dapat menjunjung tinggi idealisme, integritas, dan kemandirian dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, serta memiliki komitmen menjadi pemimpin masa depan bagi Indonesia yang mandiri dan bermartabat.

Tentang Beasiswa LPDP
LPDP adalah lembaga di bawah Kementerian Keuangan dengan pengawasan dari 3 Kementerian, yaitu Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Agama Republik Indonesia. LPDP bertugas untuk mengelola dana abadi pendidikan yang dana hasil kelolanya digunakan untuk mempersiapkan calon pemimpin muda masa depan melalui pemberian dana pendidikan untuk beasiswa dan riset kepada putra – putri terbaik Bangsa Indonesia. Nilai-nilai LPDP yang terdiri atas: Integritas, Profesional, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan diimplementasikan dalam keseharian dan budaya organisasi setiap insan LPDP.

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi:
Rida Nurafiati (085647473040) – Media Relations PK-62