Pekan Komunikasi

Jakarta – Pekan Komunikasi Universitas Indonesia kembali digelar pada tanggal 23 – 29 April 2016. Memasuki tahun ke-9, program terbesar Departemen Komunikasi UI ini mengusung tema Shift Happens dalam serangkaian roadshow, seminar, company visit, lomba, dan kegiatan lainnya. Perusahaan media seperti CNN, pakar – pakar praktisi, youtuber Fluxcup, hingga musisi seperti White Shoes & The Couples Company mengisi rangkaian acara tersebut. Puncak kemeriahan acara adalah Awarding Night dimeriahkan penampilan dari FEAST, Ruang Dua, dan masih banyak lagi.

 
Shift Happens mengulas isu kurangnya kemampuan literasi masyarakat terhadap new media. Kurangnya kemampuan ini seringkali berujung pada penerimaan informasi secara mentah, hacking, hingga cyber bullying yang menggeser tujuan new media sebagai pemecah berbagai masalah sosial. Realita ini pun dibahas mendalam dalam lima mata acara Pekan Komunikasi UI: AdWar, Creabo, Journalight, Media Matters, dan PR Vaganza. Mata acara tersebut mewakili sekaligus menonjolkan lima penjurusan Departemen Komunikasi UI dengan target market masing – masing. Dalam seminggu, rangkaian acara berhasil melibatkan ribuan peserta, lebih dari 300 finalis, dan kehadiran mahasiswa ratusan universitas terutama di Pulau Jawa.

 
Pekan Komunikasi UI ditutup dengan pengumuman pemenang – pemenang lomba dan selebrasi dalam Awarding Night: CommWeekend. Malam penghargaan tahun ini menyajikan nuansa galaksi dalam Star Wars yang memang sedang cukup in. Tajuk “May The Force Be with You” seolah menjadi pengiring doa para peserta lomba untuk meraih juara.

 
Dengan adanya acara tahunan Pekan Komunikasi UI, diharapkan mahasiswa sebagai peserta dapat membagikan ilmu yang didapat dalam berbagai kesempatan dan forum. Ke depannya, terdapat rencana kolaborasi dengan universitas lain untuk membawa acara pekan komunikasi dalam skala yang lebih besar, dengan ultimate goal skala internasional. Hal ini diungkapkan Akmal Ghifarie selaku Project Officer Pekan Komunikasi UI 2016 pada hari Kamis, 28 April 2016.

Penulis: Venna Patricia