1Depok – Siapa sih yang ngga tau apa itu radio? Bagi kalian para pendengar musik lewat radio pemancar ataupun radio streaming disela-sela rutitinas aktivitas ke kampus ataupun lagi jalan-jalan. Kali ini RTC ngadain General Training bersama Hitz FM pada jumat (17/2).

Apa yang di pikiran kalian tentang dunia radio selain muterin lagu-lagu? Ataupun siapa aja dibalik layar orang-orang yang bekerja di radio? Nah, Hitz FM ngebagiin informasi bekerja dan keseruan di radio.

“Keseruan kerja di radio itu unik, kekeluargaan, pake baju santai artinya ga perlu seragam yang setiap hari harus pake baju tertentu, bisa nge-treat pendengar untuk dateng ke konser, dapet tiket konser, dapet voucer dan makanan gratis,” kata Hans Kokoh.

“Kalian pun bakalan sering banget ketemu sama artis,” lanjut Hans Kokoh. Jadi emang banyak banget keseruan kalo kerja di radio komersil. Cara menjaga untuk tetap seru tentunya pertahankan kekeluargaan dan jangan bosan.

Di radio selain lagu-lagu yang di puterin. Ada juga suara announcer yang ngomong dan bagiin info ke para pendengar? Yap, Announcer adalah orang yang memandu siaran radio.

2Q : Bagaimana menjadi announcer di radio ?

Hans Kokoh : Tentunya harus tau basic skill: Talk to one person, artinya sang announcer bicara ke satu orang. Contohnya announcer pasti bilang ‘kamu’ bukan ‘mereka’. Jadi subjek dituju hanya satu orang. Smilling voice, ini juga hal penting karena seorang announcer yang berbicara untuk para pendengar harus terasa fun and good mood. Salah satu tugas dari seorang announcer adalah memberikan good influence. Short simple clear, bisa dibilang suara announcer saat naik siar membicarakan hal yang berbobot dan tepat pada sasaran. Update song and info, tentu ini diperlukan karena pendengar pasang radio dengan tujuan utama mendengarkan musik atau mendapatkan informasi. Listener = your friend, Radio lebih memilih temannya pendengar bukan sebagai penasehat. Jadi buatlah para pendengar kalian jadi empati atau simpati. Kalo bisa kita buat baper para pendengar. Agar betah dengerin channel radio. Bertujuan pendengar merasa deket banget sama announcernya, jadi seperti pendengar saat bercerita pada sahabatnya. Friendly attitude, bukan hanya suara aja yang harus friendly tapi ketika tatap langsung kita perlu juga punya image baik di depan para pendengar.

Q : Peraturan apa aja di Hitz Fm ketika announcer yang naik siar?

Hans Kokoh : Hitz FM punya peraturan bahwa announcer yang naik on air hanya diberikan 30detik untuk berbicara. Dan kalo ada caller diberikan durasi semenit. Kalian yang suka dengerin radio waktu dulu, pasti pernah ngejalanin request lagu dan langsung di puterin. Sekarang radio komersil udah punya format untuk memutarkan lagu apa di radio mereka yaitu lewat vote. Ini tujuannya untuk melakukan pengetahuan kebanyakan orang suka lagu apa. Jadi lagu yang bakalan diputerin adalah lagu terkini dan emang lagu yang banyak penikmatnya lewat vote tadi.

Deffri Ashari : kunci sukses dari sebuah program radio adalah perjalinan hubungan antara announcer tandom (berdua) yaitu menjalin hubungan saat on air dan off air.

Q : Apa aja persiapan sebelum on air?

Hans Kokoh : Don’t be late, Warming up, Pastikan skripcaller-narasumber mixer, log siar sudah siap, Mood = happy and good dan terpenting Doa.

Deffri Ashari : Narasumber di rekam kalo d Hitz FM, Iklan tapping. Tujuannya agar tidak salah menyebutkan iklan. Dateng 1 setengah jam sebelum on air karena banyak yang harus dipersiakan. Contohnya baca materi.

Q : Kalo teman berdua atau penyiar tandom, tapi salah satu dari mereka ga suka sama teman penyiar tandomnya. Gimana cara mengatasinya?

Hans Kokoh : Pasti akan ketemu lagi. Harus mengerti dan kadang kalo cewe itu kan ingin dimengerti. Jadi saling tau ego nya masing masing.

Deffri Ashari : Bertemen secara on air dan off air. Jadi punya Real feeling.

Hans Kokoh : Butuh gaji. Ya mau ga mau harus ketemu sama dia lagi besokkannya.

Deffri Ashari : Kecuali emang ga kuat. Ya pilihannya adalah keluar. Tapi sebenarnya kalian harus bisa beradaptasi dan saling mengerti.

Hans Kokoh : Produser harus juga berperan. Ibarat kata produser dan announcer tandom itu keluarga kecil yang harus dibangun bersama sama.

Q : Gimana cara mengatasi announcernya secara subjektif kurang suka sama narasumbernya ?

Deffri Ashari : Buat nanganin hal tersebut Announcer harus punya rasa tanggung jawab di pekerjaan dia. Walaupun ga suka sama narasumbernya ataupun produk yang di iklanin. Harus tetep fun ngebawain adlips agar pendengar beli product tersebut

Hans Kokoh : Lu harus ngobrol sama narasumber. Sok asik aja. Nanti pasti ada yang nyambung. Jadi pas on air wawancaranya lebih mengalir juga.

Q: Apa aja Program di Hitz Fm?

Hans Kokoh : Hitz Sirkus Pagi bersama Aldy&Deny, Hitz Athlon bersama Febby Lomena, Hitz Sore Hara bersama gue (Hans Kokoh) & Deffri Ashari, Hitz Kalong bersama Gilang Gombloh, Hitz Weekend Show bersama Indi Hadiyan &Kiki Hakiki, Hitz Bebas Mario bersama Mario Delano, 20 Hot Hitz bersama Reza Alqadri.

Q : Dibalik suara announcer di radio Hitz Fm ada divisi apa aja yang mendukung kelangsungan Hitz FM ?

Hans Kokoh & Deffri Ashari : Promotion, Public Relation, Sosmed, Desain Grafis, Videografer, Photografer, News and Traffic, Account Eksekutive (sales), Produksi, Teknik.

Q : Gimana radio melawan joox dan spotify?

Hans Kokoh : Kekuatannya di penyiar. Radio juga menggunakan sosmed sama juga seperti spotify dan joox.

Deffri Ashari : Harus di packaging mulai dari Sosmed yang juga harus nge bangun on air-nya.

Q : Ada sebuah image tersendiri ga sih sebuah radio?

Hans kokoh : Ada, sangat mungkin. Radio punya range umur pendengar, contohnya Hitz Fm yang sasaran pendengarnya adalah anak muda. Jadi harus ikutin bentukan Announcer produser reporter punya gaya sendiri sendiri sesuai image. Begitu juga event serta kerjasama yang dijalin oleh radio tersebut.

Q : Gimana caranya melamar kerja di Radio ?

Hans Kokoh :Follow semua sosial media radio favorite, contohnya Follow youtube hitz fm, websitenya Www. 967hitz.fm dan ig/twitter @967hitzfm. Lalu biasanya di media sosial adalah jalan untuk dapat info lowongan. Serta siapin cv kreatif. Siapin sample voice.

Hans Kokoh : Bagi kalian yang udah coba tapi gagal. Biasanya karena karakter suara lo ga cocok sama radio tersebut. Dan kalo kerja di Radio ga harus cantik dan ganteng tapi cobalah menjadi menarik dan se-elu mungkin.

Masih banyak lagi keseruan dari dunia radio yang ga bisa di jelasin semuanya. Tapi kalo mau banyak belajar di dunia radio. Kalian bisa ikut di komunitas radio ataupun dapet pengalaman melalui kerja di radio langsung.

Penulis : Mutiara Taher