Pekan Komunikasi adalah ajang kompetisi di bidang komunikasi yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia (HMIK UI) bagi mahasiswa seluruh universitas di Indonesia. Namun, tidak hanya kompetisi, Pekan Komunikasi juga mengadakan kunjungan perusahaan, lokakarya, dan seminar.

Tahun ini, Pekan Komunikasi hadir dengan tema ‘Tell-a-Tale’. Tema ini diangkat berdasarkan fenomena transmedia storytelling yang digunakan oleh berbagai platform media. Hal itu memungkinkan budaya di seluruh dunia bertemu dan berinteraksi sehingga membuat budaya lokal Indonesia kurang mendapatkan perhatian masyarakat. Oleh karena itu, tema ini diharapkan dapat mengajak peserta untuk merumuskan pesan yang ingin disampaikan, yaitu mengangkat budaya lokal Indonesia, dalam sebuah cerita yang kreatif dan inovatif di beberapa bidang komunikasi.

Pekan Komunikasi 2017 memiliki empat mata acara, yaitu Creabo, PR Vaganza, Adwar, dan Journalight. Keempat mata acara ini memiliki tema masing-masing yang lebih spesifik.

Creabo (Create and Broadcast) adalah mata acara di bidang penyiaran. Tahun ini, Creabo mengangkat tema ‘Popularizing Local Culture’ untuk meningkatkan kesadaran bahwa dunia penyiaran perlu memasukkan keberagaman budaya Indonesia sebagai kontennya, bukan hanya budaya yang sangat “kota”. Creabo mengajak peserta untuk mengaplikasikan tema ini melalui lomba merancang program televisi dan membuat film pendek.

PR Vaganza adalah mata acara di bidang humas. Dengan tema ‘Exposing Indonesia Tourism through Transmedia Storytelling’, PR Vaganza menyoroti pariwisata Indonesia yang kini sedang berkembang. Melalui lombanya, peserta diajak untuk merancang program humas yang dapat meningkatkan kesadaran dan ketertarikan turis terhadap 10 destinasi prioritas yang ditetapkan Kementerian Parisiwata.

Adwar adalah mata acara di bidang periklanan. Tahun ini, Adwar mengangkat tema ‘Advertainment’ karena munculnya commercial skipping perlu disiasati dengan memasukkan elemen-elemen hiburan dalam sebuah iklan. Adwar mengajak peserta untuk mengaplikasikan tema ini melalui lombanya, yaitu merancang program iklan yang mere-brand produk lokal Indonesia.

Journalight adalah mata acara di bidang jurnalisme. Dengan tema ‘Culture in Your Backpack’, Journalight ingin mengeksplorasi dunia industri kreatif sebagai seorang backpack journalist. Melalui lombanya, peserta diajak untuk membuat artikel, foto jurnalistik, dan video berita berkaitan dengan dunia industri kreatif.

Pekan Komunikasi 2017 akan diadakan pada 17-21 April 2017 di Universitas Indonesia, Depok. Dalam satu pekan ini, pengunjung dapat mengikuti lokakarya dan seminar yang terbuka untuk umum. Finalis terpilih juga akan mempresentasikan karya yang telah dikumpulkan dan mengikuti kunjungan perusahaan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Pekan Komunikasi 2017 di:

LINE: @uck2557z

Instagram: @pekankomunikasi

Twitter: @pekankomunikasi

Facebook: Pekan Komunikasi UI

Website: pekankomunikasi.org