Depok – Career Developement Center Universitas Indonesia (CDC-UI) kembali mengadakan UI Career & Scholarship Expo. Tahun ini merupakan penyelenggaraan acara yang ke-24 kalinya. Acara berlangsung selama tiga hari yaitu hari Kamis-Sabtu, 14-16 September 2017, di Balairung UI, Depok, Jawa Barat. Acara ini bertujuan untuk memfasilitasi para lulusan khusunya dari UI untuk memasuki dunia kerja ataupun untuk melanjutkan studi.

Dr. drg. Sandra Fikawati, MPH, selaku ketua pelaksana UI Career & Scholarship Expo XXVI mengatakan 50 % pengunjung datang dari UI, dan 50 % lainnya dari berbagai perguruan tinggi lain khususnya yang ada di sekitar UI. Kebanyakan dari pengunjung memang merupakan fresh graduate yang sedang mencari kerja.

“Dari hasil riset studi yang dilakukan oleh ketua peneliti riset studi UI, ternyata memang  lulusan kita (UI) itu banyak cara mencari kerjanya melalui expo, dan expo yang juga diselenggarakan oleh CDC-UI.” Ujar bu Sandra.

Meski begitu, tidak tertutup kemungkinan orang-orang yang sudah bekerja untuk datang dan berniat untuk mengganti pekerjaan.

Bila tahun-tahun sebelumnya UI Career & Scholarship Expo mengenakan biaya tiket masuk untuk mengikutinya, tahun ini para pengunjung dibebaskan dari biaya apapun. Hal ini dilakukan untuk menaati peraturan yang diberikan oleh Kementerian Keternagakerjaan (Kemenaker) yang tercantum di UU No. 13/2003 tentang Ketenagakerjaan.

UI Career & Scholarship Expo mendatangkan puluhan perusahaan/instasi yang sedang mencari tenaga kerja dan juga universitas/lembaga yang menawarkan beasiswa. Pengunjung dapat melihat presentasi dan pameran yang dilakukan oleh perusahaan/instasi dan universitas/lembaga. Selain itu, pengunjung juga dapat langsung melakukan tes seleksi wawancara atau melampirkan data lamaran kerja ke perusahaan yang diinginkan.

UI Career Expo pertama kali diselenggarakan oleh CDC-UI pada Februari tahun 2006. Pada tahun 2010 tak hanya perusahaan/instasi yang ikut serta dalam UI Career Expo, berbagai lembaga dan universitas pun ikut serta. Sejak saat itu, UI Career Expo berganti nama menjadi UI Career & Scholarship Expo.

Tulisan & Foto Oleh: Ghina Nabilah Mizanina