Depok – Pada hari Senin (27/11/2017) di Auditorium Program Vokasi Universitas Indonesia, Depok, Jawa barat telah berlangsung seminar dan lokakarya REACTION UI 2017. Seminar dan lokakarya tersebut bertemakan The Art of Making Comedy. Kegiatan ini turut kedatangan Dwi Sasono sebagai salah satu aktor dalam film 5 Cowok Jagoan, sang sutradara yaitu Anggy Umbara, dan juga sang penata rias artistik, Cherry Wirawan.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Hubungan Masyarakat Program Vokasi UI ini memberikan pengetahuan bagaimana cara membuat film komedi dari berbagai bidang seperti pengarahan jalannya alur cerita, tata rias atau kostum, serta dari segi acting para pemain.
Anggy Umbara, salah satu narasumber pada hari itu, merupakan seorang sutradara kawakan beraliran komedi. Anggy telah beberapa kali membuat film komedi, seperti Warkop DKI Reborn, Comic 8, Rafathar, serta 5 cowok Jagoan yang akan segera tayang di bioskop pada 14 Desember 2017 mendatang. Ia membagikan pengalaman serta pengetahuannya dalam bidang pengarahan cerita film beraliran komedi. “Bikin film komedi itu susah, susahnya minta ampun, bikin orang ketawa itu susah, lebih gampang bikin orang nangis,” ujarnya.
Narasumber selanjutnya adalah Cherry Wirawan. Ia berbagi pengetahuan dan pengalamannya dalam bidang pemilihan make up yang baik untuk film beraliran komedi maupun di luar aliran tersebut. Cherry sendiri baru saja memenangkan penghargaan bergengsi yaitu Piala Festival Film Indonesia (FFI) 2017 dalam kategori Penata Rias Terbaik.

Dan terakhir, ada Dwi Sasono yang memerankan tokoh Dedi dalam film 5 Cowok Jagoan. Dwi membagikan kisah serta pengalamannya ketika berlaga dalam film beraliran zombie-action-comedy ini. Pria yang dikenal sebagai sosok humoris ini menceritakan mulai dari tantangan serta momen favorit saat proses shooting.

“Kami berharap dengan diadakannya kegiatan ini, sineas-sineas muda dapat menambah wawasannya dari para narasumber yang telah membuat film berkualitas, seperti 5 Cowok Jagoan, sehingga film komedi di Indonesia akan semakin berkembang,” tutur Ketua Pelaksana REACTION UI 2017, Raditya Putraendani.

Seminar dan lokakarya ini merupakan salah satu rangkaian acara REACTION UI 2017. Rangkaian tersebut terdiri dari kompetisi pembuatan film dokumenter dengan tema The Unsung Heroes dan akan diakhiri dengan malam penghargaan pada 15 Desember 2017.

Artikel oleh: Ghina Nabilah Mizanina, Reporter RTC UI 2017.
Foto oleh: Tim Dokumentasi REACTION UI 2017.