Kampung Digital yang dilaksanakan bersama tim Kelurahan Mekarjaya Depok dilakukan di Kelurahan Mekar Jaya, Depok. Acara yang dibuka oleh Vokasi Humas dan HM Vokom UI ini merupakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) yang turut dihadiri oleh Rita Nurlita, selaku pendiri Komunitas Internet Sahabat Anak (KISA), Shanaz Haque, Aktivis Peduli Anak dan Amelita Lusia, Co-Founder Klinik Digital Vokom UI. Peluncuran pengmas ini akan mengangkat tema Internet Ramah Anak, yang dihadiri lebih dari 350 peserta yang terdiri atas anak, remaja dan orang tua.
Pengmas Kampung Digital ini akan beroperasi sepanjang tahun 2019 dengan berbagai tema terkait pelatihan ketrampilan dasar digital seperti ketrampilan fotografi, olah foto, membuat tulisan, kemampuan editing serta membangun branding positif di media sosial seperti Facebook atau Instagram.
“Berbagai media telah merilis temuan merisaukan tentang kasus kenakalan hingga kejahatan yang dilakukan oleh anak dan remaja di Depok. Data Bulan Januari hingga Bulan Mei 2018 saja, Depok menduduki peringkat keempat sebagai kota dengan jumlah pelanggaran terhadap anak tertinggi dari seluruh kawasan Jabodetabek. Berkaca pada hasil-hasil studi di dalam dan luar negeri yang senantiasa merujuk pada benang merah yang sama bahwa anak dan remaja yang melakukan berbagai kenakalan hingga bergabung dalam geng motor misalnya, sejatinya adalah juga korban dari sistem sosial yang tidak berpihak kepada mereka,” kata Devie, Peneliti Pusat Kajian Inovasi Vokasi.
“Kami, Dosen dan Mahasiswa juga akan membangun literasi digital kepada masyarakat, agar tidak terpapar pemikiran-pemikiran yang berujung pada aksi radikalisme yang pangkalnya adalah kemampuan untuk membaca, membedakan dan menyerap informasi positif dan produktif di gawai mereka masing-masing, “ tambah Devie, Kaprodi Vokasi Humas UI.
“Untuk itu diperlukan sebuah upaya sistematis untuk mulai merangkul mereka dengan membekali anak dan remaja agar memiliki pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang memadai dalam pergaulan sosial di rumah, sekolah dan masyarakat. Digital merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan anak dan remaja dewasa ini,” tambah Rangga Wisesa, Pengajar Vokasi Humas.
Menurut Danurifqi selaku Ketua HM Vokasi UI “Kampung Digital ini adalah pengmas berkelanjutan dalam bentuk pelatihan yang akan diadakan setiap akhir pekan di Kelurahan Mekarjaya dengan target peserta anak, remaja dan masyarakat luas. Pelatihan akan diisi oleh Mahasiswa Himpunan serta Dosen Vokasi Humas. Himpunan Mahasiswa Vokasi Komunikasi UI akan melibatkan komunitas-komunitas masyarakat untuk berpartisipasi sebagai pengajar di Kampung Digital”