Pandemi yang tengah berlangsung saat ini tidak menyurutkan semangat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia untuk tetap menyelenggarakan Festival Jazz Goes to Campus (JGTC). Festival ke-43 tahun ini mengusung tema “Rediscover Your Jazzpression!” Rangkaian festival tersebut diawali dengan adanya press conference pada tanggal 6 Februari 2021, dengan puncak acara yang berlangsung pada tanggal 13-14 Januari 2021. Festival Jazz Goes to Campus tahun ini diselenggarakan secara daring dan menyuguhkan beberapa program, seperti JGTC Community Session, JGTC Talkshow, dan JGTC Intimate. Adapun pada puncak acara terdapat kegiatan JGTC Virtual Festival yang dapat disaksikan melalui media streaming, GoPlay, dan LOKET Live.

Festival Jazz Goes to Campus yang telah berlangsung sejak tahun 1978 tahun ini mengundang sejumlah musisi terkenal Indonesia, seperti Rossa, Kunto Aji, Fariz RM, Adikara Fardy, ChAS (Chaseiro All Stars), Deredia, Dua Empat X Rubina, Greybox X Neida, Mad Madmen, Rayhan Nadhif, TEN2FIVE, Voxxes, White Shoes & The Couples Company, serta musisi-musisi lainnya.

Para Jazz Enthusiast tahun ini dapat menikmati beragam kegiatan menarik yang diselenggarakan oleh JGTC. JGTC Community Session mengupas cerita di balik komunitas jazz. Kemudian, acara JGTC Talkshow pada tanggal 7 Februari 2021 menghadirkan Jazeed dan Adikara Fardy sebagai narasumber, dengan topik bahasan ”Finding Character in Jazz”. Kegiatan tersebut dapat diakses melalui aplikasi Youtube dan Zoom. Festival JGTC ditutup dengan kegiatan JGTC Virtual Festival, yang dimeriahkan oleh berbagai musisi kenamaan Indonesia.

 

Penulis: Theofani L. C.