W3.CSS Template

MENGENAL FAKTA TENTANG COACHELLA, FESTIVAL MUSIK DAN SENI PALING BESAR

Festival musik Coachella kembali tahun ini setelah dua tahun kemarin mati suri karena pandemi COVID-19. Belum lama ini pihak penyelenggara juga telah mengumumkan lineup terbaru mereka yang langsung disorot publik.

Musisi asal Indonesia, NIKI dan Rich Brian pun masuk dalam lineup menggiurkan dari Coachella 2022. Selain itu, ada juga Billie Eilish, Kanye West, dan Harry Styles jadi lineup selanjutnya.

Diketahui, festival musik Coachella mulai diselenggarakan pada Oktober 1999. Saat itu Coachella telah menampilkan Beck dan Rage Against the Machine.

Tempat penyelenggaraan Coachella dahulu sebelumnya hendak dijadikan untuk konser Pearl Jam. Semua itu awalnya atas rencana Paul Tollett yang memesan tempat konser luas bernama Empire Polo Grounds. Tempat itu jauh dari keramaian kota, sehingga festival musik Coachella digadang-gadang sebagai medium orang-orang untuk melepas penat dari kehidupan perkotaan.

Bisa dikatakan, Coachella sedari dulu telah mendukung karya-karya dari musisi indie yang sedang ramai jadi perbincangan. Selain itu, Coachella juga memberikan banyak genre musik pada setiap tahunnya.

Meski Coachella tampak selalu sukses dan banyak diminati publik, Golden Voice selaku penyelenggara pun memiliki cerita tersendiri. Pihak penyelenggara hingga sekarang diketahui tak pernah mendapatkan keuntungan sejak awal tahun Coachella dihelat. Hal itu lantaran kerusuhan festival Woodstock yang terjadi pada 1999. Saat itu Woodstock memakan korban puluhan jiwa dan membuat semua festival musik dianggap berbahaya. Setelah melakukan sejumlah perubahan, termasuk penjualan tiket yang tadinya dijual per hari menjadi tiga hari, Coachella akhirnya menjadi festival musik yang dihormati. Dalam seharinya, tercatat lebih dari 75.000 pengunjung datang untuk menikmati karya seni atau musik yang dihadirkan di acara tersebut.

Coachella menetapkan rekor baru untuk jumlah pengunjung dan pendapatan kotor dari 2013 hingga 2015. Pada tahun 2017, festival dihadiri oleh 250.000 orang dan meraup pendapatan hingga $114,6 juta.

Content by: Aisyah Al Jufri

Source: detik.com