W3.CSS Template

MENGENAL RAYMONDE DE LAROCHE, SOSOK PILOT BERLISENSI PEREMPUAN PERTAMA DI DUNIA

Halo, Gen Muda! Tau gak sih kalau tanggal 8 Maret itu, setiap tahunnya diperingati sebagai International Women Day atau Hari Perempuan Sedunia. Peringatan ini dibuat untuk para perempuan dalam memperjuangkan kesetaraan gender atas hak-haknya.

Kenapa tanggal 8 Maret ya, Gen Muda? Jadi, pada awalnya Hari Perempuan Nasional ditetapkan pada tanggal 28 Februari oleh Partai Sosialis Amerika. Peringatan itu bertepatan dengan tanggal dimana para pekerja perempuan di New York melakukan unjuk rasa pada tahun 1908. Lalu, pada hari Minggu, 23 Februari di dalam kalender Julian atau lebih tepatnya 8 Maret 1917 dalam Kalender Gregorian terjadi sebuah gerakan perempuan di Rusia yaitu aksi mogok kerja. Setelah itu, tanggal 8 Maret mulai diperingati sebagai International Women Day di beberapa negara. Hingga pada akhirnya, untuk pertama kalinya PBB merayakan International Women Day pada 8 Maret 1975. Wah, ternyata ada kisah hebat perjuangan perempuan di balik peringatan ini ya, Gen muda.

Bertolak dari kenyataan tersebut, Hari Perempuan Internasional semestinya menjadi refleksi bagi setiap negara perihal bagaimana realisasi kesetaraan gender selama setahun ke belakang. Indonesia melalui Komisi Nasional Perempuan (Komnas Perempuan) menyikapi perayaan pening ini dengan kenaikan pengaduan atas kasus kekerasan berbasis gender selama tahun 2021 hingga 2022, yakni 49 kasus.

Nah, ngomongin tentang perempuan. Gen Muda udah pernah denger belum tentang pilot berlisensi perempuan pertama di dunia?

Perempuan hebat ini adalah Raymonde de Laroche. Seorang perempuan asal Perancis kelahiran tahun 1882. Sebelumnya, ia merupakan seorang aktris yang menekuni bidang akting tentunya. Hingga akhirnya dia memulai masa training pada tahun 1909 di Chalons, Perancis, dan melakukan penerbangan solo pertamanya pada tanggal 22 Oktober 1909. Dan uniknya, dirinya mendapatkan lisensi nomor 36 pada 8 Maret 1910. Bertepatan dengan tanggal peringatan International Women Day, lho Gen Muda! Wah kebetulan yang sangat keren ya. Nah, hal ini menjadikan dirinya sebagai perempuan pertama yang mendapatkan lisensi resmi sebagai pilot di dunia.

Sertifikat lisensi Raymonde de Laroche

Nah, kalau di Indonesia sendiri, siapa ya pilot perempuan pertamanya?

    Written by Aulia Adinda Putri

    Sumber:
  • https://phinemo.com/kisah-wanita-inspiratif/
  • https://www.detik.com/jatim/berita/d-6604201/hari-perempuan-internasional-dan-sejarah-mogok-kerja-wanita-rusia
  • https://www.kompas.tv/article/385516/sejarah-hari-perempuan-internasional-yang-dirayakan-8-maret-2023
  • https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6606803/7-fakta-hari-perempuan-internasional-dan-sejarahnya-masuk-google-doodle.
  • https://simpleflying.com/raymonde-de-laroche-life-and-times/
  • https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Raymonde_de_Laroche_certifikat.jpg