image1XX2X

Radio announcing competition merupakan salah satu rangkaian acara dari Broadcasting Festival 2015 yang diselenggarakan oleh Kelas Penyiar Indonesia. Pada penyelenggaraannya yang kedua ini, Tia Bruna, announcer RTC UI FM, ikut berkompetisi dan terpilih menjadi Top 5 Finalist loh, Gen Muda!

Tia Bruna mengaku memang sudah lama menargetkan dirinya untuk dapat mengikuti kompetisi ini. Setelah mendapatkan informasi mengenai penyelenggaraan kompetisi ini, Tia Bruna langsung mendaftar dengan mengirimkan contoh suara sesuai ketentuan panitia. Dan ternyata Tia Bruna terpilih menjadi salah satu dari 10 finalis yang akan berkompetisi pada main event Broadcasting Festival 2015.

Setelah terpilih menjadi finalis, Tia Bruna mendapatkan banyak pengalaman, salah satunya adalah kesempatan untuk mendapatkan pelatihan langsung dari penyiar-penyiar di OZ Radio Jakarta. Pelatihan tersebut merupakan salah satu persiapan Tia Bruna dan finalis lainnya untuk tampil di hadapan para penonton dan juri untuk siaran dan live report di panggung Broadcasting Festival 2015.

“Yang bikin paling deg-degan itu sistem lombanya, kita enggak tau kapan tampil dan topik apa yang harus dibawain, semuanya diundi secara acak di atas panggung”, jelas Tia Bruna saat ditanya mengenai pengalamannya berkompetisi. Penampilan para finalis tersebut dinilai oleh para juri yang berasal dari Gen FM, Trax FM, Mustang FM, Dreamers Radio, dan Emina. Berdasarkan penilaian para juri, Tia Bruna terpilih menjadi salah satu dari Top 5 Finalist dari Radio Announcing Competition.

Top 5 Finalist yang dipilih juri mendapatkan uang tunai total jutaan rupiah, piagam, dan berkesempatan siaran di radio swasta. Beberapa waktu yang lalu, sebagai salah satu dari Top 5 Finalist, Tia Bruna berkesempatan untuk mencoba siaran di Gen FM. “Seru! Mereka lucu banget”, ungkap Tia Bruna mengenai pengalaman siarannya di Gen FM.

Melalui kompetisi ini Tia Bruna mendapatkan banyak hal, mulai dari pengalaman, kenalan baru yang sama-sama memiliki passion dalam dunia broadcasting, dan juga pengetahuan baru. “Gue makin tau sekarang, buat jadi seorang announcer harus memiliki pengetahuan yang luas, tentang apapun, politik, ekonomi, enggak cuma tentang musik aja”.

Once again, congratulations Tia Bruna! We’re very proud of you!