Oleh: Raras Prawitaningrum

Susah-susah gampang menentukan album terbaik tahun ini. Alasannya karena memang nggak terlalu banyak mengulik. Ada beberapa album yang selalu terputar di Spotify, tapi akhirnya harus memutuskan satu album terbaik di tahun ini.

 

Eleventwelfth berhasil membuat saya ikutan pre order EP pertamanya, (kembali) nonton gigs di tahun ini, dan menghafalkan semua liriknya demi sing along (lol). Buat yang dulu kalau pulang sekolah langsung online Myspace sampai sibuk milih band-band emo untuk di-pinned di Top Friends dan cek Calendar untuk mencari tau band apa yang main di Marotti atau Rossi atau Spazio, selamat bernostalgia ketika mendengarkan keseluruhan album ini.

 

Band emo pop/twinkle emo asal Jakarta ini merilis EP Self Titled berisi 9 lagu yang mana part gitar dan drum-nya enak banget dari lagu ke lagu. Kemampuan penulisan lirik sentimental yang menumpahkan emosi rasa kehilangan dengan baik (metafornya cakep!) bikin tambah sayang sama band ini. Apalagi buat pribadi yang apa-apa harus diresapi, bikin baper (buat cowok sekalipun setelah nonton video klip Your Head As My Favorite Bookstore, ngaku woy!).

 

EP ini  makin mengukuhkan predikat album terbaik ketika saya menyaksikan live performance-nya yang rapi (RSD 2017 dan opening Turnover) serta konsep artwork (sampai feed Instagram #penting) yang cakep. Satu lagi, bagi saya album bagus itu enak didengar secara keseluruhan, dari lagu pertama sampai akhir tanpa skip. Bahkan sampai nggak mau melewatkan track instrumental 30 detik karena bisa meruntuhkan emosi dari rangkaian kisah yang dibawa Eleventwelfth.