EXPLICIT VERBAL: Futsal Iya, Badminton Iya, Nge-Rap? Pasti, Dong!

Dimulai dari hobi di masa SMK, Aditya Ewangga kini serius menggarap karya – karya lagu rap di bawah nama panggung Explicit Verbal. Lirik – lirik yang ia buat mudah dicerna sehingga Explicit Verbal dengan mudah menarik perhatian pecinta musik tanah air, khususnya hip – hop. Diakui Explicit Verbal, selain mampu menyalurkan hobi, dirinya juga dapat dengan mudah berinteraksi dan berkenalan dengan komunitas – komunitas hip – hop di berbagai wilayah di Indonesia.

Ditemui di kabin RTC UI pada hari Rabu (16/3), Explicit Verbal yang menjadi bintang tamu acara musik Blackbeat menuturkan keseruannya saat manggung di beberapa tempat, seperti konser di GOR Bekasi pada bulan Februari lalu. Sebagai musisi hip-hop yang menjadi minoritas pada konser tersebut, Explicit Verbal terkesan dengan antusiasme pengunjung yang kebanyakan merupakan penikmat hardcore. Pengunjung terlihat senang dengan ikut menyanyi bersama dan menghargai penyanyi tersebut di atas panggung.

Explicit Verbal kemudian melanjutkan, untuk menarik minat masyarakat khususnya remaja terhadap musik hip – hop, diperlukan kecerdasan dalam merangkai lirik.

“Buatlah lirik yang mudah dicerna oleh pendengar. Buat flow yang asyik, cara ngerap yang asyik, chorus yang bisa membuat ketagihan, dan lirik yang unik. Angkatlah tema yang positif, dan jangan terlalu banyak mengadopsi lirik – lirik rap Barat yang sarat akan free sex, narkoba, atau haters,” ungkap Explicit Verbal.

Menurut pelantun lagu rap asal Bekasi ini, musisi hip – hop di tanah air sebenarnya telah banyak membuat karya cerdas sebagai tanggapan terhadap isu – isu yang tengah terjadi. Tanggapan atas masalah kinerja dewan rakyat yang kurang maksimal misalnya, dibuat dalam bentuk lirik yang lucu dan kreatif, namun tetap menohok di sisi lainnya. Explicit Verbal pun berharap, ke depannya dapat dibuat sebuah acara panggung besar yang mengundang komunitas – komunitas rap di Indonesia. Di atas panggung tersebut, para musisi dapat melantunkan karyanya sekaligus menyalurkan pandangan – pandangan mereka terhadap keadaan bangsa saat ini.

Explicit Verbal yang merupakan penggemar rapper 8ball ini menyunggingkan senyum lebar ketika menuturkan perihal konser idamannya. Ia mengaku ingin menyambangi semua negara dan mengenalkan hip – hop Indonesia kepada dunia. Hip – hop yang cukup khas dengan beat – beat etnik dan sentuhan musik tradisional memang menjadi ciri khas Aditya Ewangga a.k.a Explicit Verbal dalam memproduksi lagu.

Selain aktif bermusik, Explicit Verbal ternyata juga memiliki hobi bermain futsal dan badminton. Di sela – sela aktivitas membuat lagu dan berkumpul dengan komunitas, ia cukup sering turun ke lapangan untuk menggiring bola atau memukul kok bulutangkis. Maka ketika ditanya tawaran endorse yang mungkin akan diterimanya, Explicit Verbal menjawab dengan yakin.

“Produk sepatu!”

By : Venna Patricia