XPhotoXXKelompokXPenerbangXRoketX-XLiveX1

     Band rock asal Jakarta, Kelompok Penerbang Roket, pada Rabu (28/10) ini – bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda – resmi meluncurkan video musik terbaru mereka yang berjudul “Dimana Merdeka?”. Video musik yang disutradarai Kelompok Penerbang Roket berkolaborasi dengan Tara Suwanto tersebut merupakan single kedua mereka dari album Teriakan Bocah.

     Melalui lagu tersebut, band yang diperkuat oleh Rey Marshall (gitar/vokal), Viki Vikranta (drum/vokal), dan John Paul Patton (bass/vokal) ini mengungkapkan keresahan mereka terhadap orang-orang yang mengaku merdeka tapi nyatanya tidak sepenuhnya sudah merdeka.

     “Lagu ‘Dimana Merdeka?’ itu bercerita tentang fenomena di sebuah negara yang katanya sudah merdeka, tetapi nyatanya masih banyak individu yang terjajah; khususnya oleh diri mereka sendiri,” ungkap Rey.

      Ia kemudian melanjutkan, “Contoh kecilnya adalah orang yang berbicara dengan menggunakan bahasa Indonesia dicampur dengan bahasa Inggris atau orang yang naik motor atau skuter dengan bangga memakai bendera Inggris. Mungkin mereka nggak tau kalau di sana kita itu dianggap rendah.”

     Video klip “Dimana Merdeka” menampilkan salah satu sahabat Kelompok Penerbang Roket, Advent “Ocem” Chrystiawan, yang berkeliling Jakarta dengan membawa bendera dan tak lelah untuk berteriak “Merdeka!”. Video klip ini juga terdapat salah satu personel Kelompok Penerbang Roket yang menjadi cameo.

     Single “Dimana Merdeka?” pertama kali dirilis pada 7 Oktober 2014 lalu di sebuah acara yang Kelompok Penerbang Roket selenggarakan, Terimakasih Veteran (Berjuang Untuk Pejuang). Selain berterima kasih kepada pejuang veteran yang sudah berjuang untuk Indonesia, seluruh keuntungan penjualan single “Dimana Merdeka?” di iTunes akan disumbangkan kepada pejuang veteran.