Oleh: Afifa Ezi

 

Mendengarkan album debut Harry Styles rasanya seperti mandi kembang tujuh rupa, seperti yang dijanjikan sampul albumnya. Meski bunga tersebut berbeda-beda jenisnya, namun perpaduannya menguarkan wangi yang kohesif untuk berlama-lama berendam di dalamnya.

 

Sign of the Times yang digadang sebagai single utama, efektif untuk melepaskan citra Styles sebagai anggota One Direction dan menggugah saya untuk mendengarkan album ini secara utuh. Dua balad yang membuka album ini, Meet Me In The Hallway dan Sign of the Times, mengundang pendengarnya untuk melucuti ~pakaiannya~ ekspektasinya dan masuk dalam sebuah pengalaman musikal menyenangkan ala Styles. Kemudian, kita akan disuguhi Carolina yang manis dan menyenangkan, seperti rendaman wangi pertama dalam air hangat. Two Ghosts dan Sweet Creature yang lebih melankolis, cocok dinikmati untuk berendam santai sambil dilingkupi kehangatan memanjakan, seperti paduan gitar dan suara Styles dalam kedua lagu tersebut.

 

Mandi kembang yang baik, bertujuan untuk mempertajam chakra dan memperkuat aura pelakunya. Only Angel dan Kiwi pantas untuk menjadi pemenuhan tujuan tersebut karena saya tidak pernah membayangkan Styles sebagai seorang rockstar sebelumnya. Namun lewat kedua lagi ini, saya yakin bahwa ia cocok dan pantas menyandang gelar tersebut. Ever Since New York dan Woman dengan tempo yang mulai turun tanpa kehilangan sisi soft-rocknya seolah-olah menjadi penanda bahwa album ini akan selesai dan pendengarnya akan keluar menjadi manusia baru. Benar saja, ditutup dengan From The Dining Table yang mewah dengan selipan orkestra di tengah yang dilanjutkan hingga akhir, seluruh proses ini selesai dengan menyisakan kesan Styles sebagai seorang musisi yang mumpuni.

Mengetahui bahwa Styles menulis semua lagu dalam album ini, juga memperhatikan penempatan setiap track dalam album ini dari awal hingga akhir, menunjukkan keutuhannya sebagai sebuah persembahan pengalaman musikal. Kumpulan lagunya menjangkau ruang emosi yang luas sehingga dapat dipilih acak untuk didengarkan ulang dalam berbagai kesempatan dan pengalaman emosional. Layaknya mandi kembang tujuh rupa, debut album Styles adalah sebuah kemewahan yang ingin dinikmati berkali-kali dan sesering mungkin.