Museum MACAN, Museum yang mempunyai kepanjangan The Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara ini merupakan tempat mengantri yang cukup berkelas di Jakarta. Terletak di daerah Kebon Jeruk, Jakarta barat; tempat ini menyuguhkan banyak karya seni dan lukisan yang modern, berkelas, dan cukup fenomenal yang berasal dari Indonesia maupun dari dunia Internasional.

Museum yang berdiri sejak akhir tahun 2017 yang lalu ini, langsung mendapat respon positif dari para netizen sekalian. Mempunyai karya seni yang cukup modern nan ciamik, museum ini menawarkan seni visual karya sejumlah seniman ternama. Contohnya seperti lukisan Artwork Rush 20 (cloister) karya Robert Rauchenberg yang merupakan lukisan yang paling sering dikunjungi oleh pengunjung.

Karena museum ini memiliki estetika yang sesuai dengan trend terkuni, museum ini pun sering kali kebanjiran pengunjung. Fakta menunjukan, ketika hari-hari biasa, pengunjung museum ini tak kurang pengunjung dengan taksiran sebesar 1000 orang pengunjung setiap harinya. Namun, ketika akhir pekan atau hari libur tiba, museum ini kerap kebanjiran pengunjung hingga mencapai dua kali lipat dari hari biasa. Hal ini pun berdampak kepada waktu ketika mengantri tiket masuk. Rata-rata pengunjung harus menunggu selama 13 menit hanya untuk membeli tiket, dan ini belum termasuk antri untuk masuk ke dalam museumnya.

Menariknya, dari sekian banyak pengunjung museum ini, kebanyakan diantaranya merupakan generasi millenial yang haus akan estetika foto. Hal ini jelas menimbulkan efek kepada suasana di sekitar museum. Pemandangan kiri dan kanan museum dipenuhi oleh orang-orang yang berfoto dengan latar belakang lukisan dan karya seni.

Tak jarang ditemukan orang-orang mengantri untuk mengambil foto dengan karya seni, bahkan ada salah satu karya seni yang memang penuh akan generasi millenials yang sekaligus menjadi ‘magnet’ dari museum MACAN ini. Karya seni itu bernama Infinity Room dimana para pengunjung akan dimanjakan dengan ruangan gelap dengan pantulan-pantulan cahaya warna-warni di seluruh penjuru ruangan. Hal ini sangat mengundang datangnya para millenials untuk berfoto di dalamnya.

Saking larisnya, mereka pun rela berdiri hingga 1 jam 30 menit, hanya untuk menunggu giliran berfoto di dalam Infinity room selama 20 detik.

Museum ini buka dari jam 10.00 hingga 19.00, dan dibagi kedalam 3 shift. Shift pertama merupakan jam 10.00 – 13.00, shift kedua merupakan jam 13.00 – 16.00, dan shift terakhir jam 16.00 – 19.00. Konon katanya, museum ini akan tutup sementara di bulan maret lhooo gen muda. Alasannya karena museum ini akan berganti konsep dan hadir dengan wajah baru yang lebih minimalis. Jadi, pastikan kamu kesana sebelum museumnya tutup sementara yaaa!

Tim Digital Media
Editor: Amelia Natasha
Penulis: Adrian Bramantyo
Grafis: Adimas Nauval Putranto
Infografis: Sarah Annida, Yeremia Geoffrey
Surveyor: Effly Juvita