“In a university far far away from Jakarta, where the hygiene is still not their priority…”

Nggak hanya bintang aja nih yang bisa ikutan perang, Gen Muda. Toilet, yang menjadi ruangan cukup penting buat kehidupan, sering kali membuat ‘peperangan’ tersendiri bagi penggunanya. Untuk yang ketegori kotor tentunya membuat kita jadi perang batin, antara menahan panggilan alam dan cari toilet lain, atau dengan terpaksa memakai toilet yang kurang bersih.

Berbicara tentang toilet dan higienitasnya, perguruan tinggi sekelas Universitas Indonesia memang seharusnya memiliki standar kebersihan yang tinggi.  Namun sayangnya nih nggak semua toilet di UI bisa dikategorikan sebagai toilet bersih nih. Tidak bisa dipungkiri, menjaga puluhan toilet yang tersebar di 15 fakultas dengan puluhan gedung pasti membutuhkan usaha ekstra. Lantas, toilet mana aja sih yang masuk kategori bersih?

Untuk menjawab itu, RTC UI mengadakan ‘perang’ antar Toilet Troops terbersih di UI, mereka akan memerangi satu sama lain untuk menjadi TOP 3 Toilet terbersih di Kampus UI, Depok. Tahap pertama dalam memilih kandidat toilet terbersih dilakukan dengan survey terhadap mahasiswa di tiap fakultas (khusus farmasi fik, fkg, dan fik tergabung dalam RIK).  Perang ini kemudian berlanjut di instastory RTC menggunakan fitur ‘’ dengan membagi 12 fakultas kedalam 6 klasemen untuk tahap semifinal. Untuk menghindari kecurangan nih, klasemen dibagi secara random.

15 maret | jumlah responden sekitar 400

Vokasi 77% vs Teknik 23%

FIB 79% vs FH 21%

FMIPA 8% vs FISIP 92%

FEB 46% vs RIK 56%

FKM 72% vs Fasilkom 28%

Fpsi 39% vs FIA 61%

Setelah menemukan 6 finalis, waktunya Toilet War mencari tau siapakah yang menjadi TOP 3 Toilet terbersih di Kampus UI, Depok. Dari hasil semifinal sebelumnya, prosentase tertinggi dipegang oleh FISIP, FIB, dan juga Vokasi. Apakah ketiga toilet fakultas ini akan keluar sebagai pemenang di tahap final?

Here’s the result:

20 maret

FKM 35% vs FISIP 65%

Vokasi 84% vs RIK 16%

FIA 66% vs FIB 34%

Selamat untuk para pemenang Toilet War!!

Mencari yang terbersih diantara yang bersih memang jadi cukup menarik nih, Gen Muda. Selain membantu untuk memberikan referensi toilet terbersih, hal ini sekaligus jadi reminder untuk kita tetap menjaga toilet tersebut jadi yang terbersih. Jadi, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan toilet di fakultasmu ya Gen Muda, “May the force be with you” – Obi Wan Kenobi.

 

Tim Digital Media RTC UI FM

Penulis: Effly Juvita
Grafis: Sarah Annida
Infografis: Natasha Hilal
Instagram Polling: Yeremia Geoffrey
Social Media: Donatella dan Adrian Bramantyo