Rock menjadi salah satu aliran musik yang paling digemari pada era 80-an. Band rock begitu banyak berterbaran merajai industri musik era itu. Sebut saja diantaranya ada U2, Queen, The Rolling Stones, AC/DC, Guns n’ Roses, Aerosmith dan masih banyak lagi. Lagu-lagu mereka pun banyak melegenda.

Nah Gen Muda, ternyata di era sekarang ini masih ada band yang membawakan aliran musik rock ala era 80-an loh. Band ini bernama RISE. Ada fakta lebih menarik lagi, band ini berasal dari Indonesia. Band yang terbentuk di Jakarta ini beranggotakan 6 orang, yaitu, Ramses (vokal), Shadrina (piano), Wings (drum), Wiku (gitar, synth, & programs), Fafa (gitar), dan Pravda (bass).

Ramses, merupakan yang pertama kali mencetuskan untuk membuat band. Ia mengajak Wings, temannya semasa kuliah dulu. Lalu satu per satu anggota lain pun ikut bergabung. Akhirnya terbentuklah RISE pada tahun 2016.

Pada hari Kamis (17/05/2018), RISE sempat main ke kabin RTC untuk program Powerchord. RISE membawakan tiga buah lagu mereka, yaitu Wake Up, Clarity, dan Raise Your Fist. Raise Your Fist merupakan single terbaru mereka yang dirilis pada bulan maret 2018 lalu.

Raise Your Fist diciptakan oleh sang drummer, Wings. Lagu ini terinspirasi dari pengalaman Wings yang pernah menjadi korban bullying saat masih di taman kanak-kanak (TK). Setelah lulus dan masuk ke sekolah dasar (SD), Wings malah menjadi pelaku bullying karena ingin balas dendam. Ia pun menjadi berpikir bahwa bully adalah sesuatu yang mudah menjalar dan harus dihentikan. Wings ingin menyampaikan pesan ini dalam lagu Raise Your Fist meskipun secara implisit.

Sebelumnya di tahun 2017, RISE sudah pernah merilis sebuah self-titled mini album yang berisikan enam lagu, Wake Up, Sweet Lil’ Pie, Clarity, Yellow Monkey, Diva, dan Ballad In The Cliche.

Gen Muda bisa mendengarkan karya-karya mereka melalui Spotify, Joox, dan Bandcamp.

 

Artikel Oleh : Ghina Nabilah Mizanina