poster - Yang Terasing

YANG TERASING adalah sebuah film dokumenter yang diadaptasi dari sebuah karya tulis berjudul “Resistensi dalam Musik Populer: Lirik sebagai Medium Political Meeting”.

Dokumenter ini berisi wawancara-wawancara dengan Ape (taRRkam), Arian13 (Seringai), Jimi Multhazam (Morfem/The Upstairs) dan Bimbim (Slank). Melalui dokumenter ini, setiap artis menceritakan mengenai penyampaian pesan politis melalui lirik lagu dan pengalaman-pengalaman yang mengikutinya.

Gagasan yang mendasari film adalah bagaimana dalam konteks musik populer, lirik bisa menjadi suatu medium untuk menyampaikan pesan-pesan politis–dalam makna yang luas. Pertemuan politis terjadi ketika khalayak memperoleh kesadaran politik dari paparan lirik artis yang ia dengar, atau bahkan ketika paparan tersebut membuatnya semakin menghayati keresahaan yang sebenarnya telah ia rasakan sebelum terpapar dengan lirik tersebut. Pada tataran ekstrem, ketika menjadi begitu populer, seringkali pesan politis yang dibawa artis justru tenggelam di dalam popularitasnya sendiri.

Baik karya tulis maupun film dibuat untuk sebuah lomba yang diadakan di Universitas Indonesia dan diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia, Pekan Komunikasi. Dalam lomba tersebut, peserta menulis mengenai budaya populer di Indonesia dan mentranslasikan gagasan di dalam tulisan ke wujud audio/audio-visual. Wujud film dokumenter dipilih untuk memberikan gambaran yang sebaik mungkin mengenai gagasan dengan keleluasaan yang diberikan oleh medium audio-visual, serta untuk mendekatkan khalayak dengan gagasan.

Produksi film–sejak awal perancangan, pengambilan gambar hingga rilis–dilakukan hanya dalam waktu 14 hari. Dalam waktu yang singkat tersebut, pembuat film berkejaran dengan jadwal para narasumber. Wawancara dengan Arian13 dilakukan beberapa jam sebelum ia berangkat ke Eropa untuk menghadiri festival musik. Sementara itu, dengan Jimi Multhazam, pembuat film menunggu hingga ia pulih dari sakit. Wawancara dengan Ape dilakukan di studio band usai taRRkam berlatih, sementara dengan Bimbim dilakukan di Potlot beberapa waktu sebelum ia bersiap untuk bermain di sebuah gig. Pembuat film menganggap berhasil ditemukannya jadwal wawancara dengen keempat narasumber dalam waktu yang sangat singkat tersebut hampir tidak mungkin.

YANG TERASING akan dirilis melalui YouTube pada tanggal 22 April 2016. Film dokumenter segera dapat diakses melalui tautan berikut ini: klik disini

Teaser-teaser dan poster yang turut dibuat berdasarkan karya tulis dan film dapat dilihat pada akun LINE pribadi @kezia.alaia

Adam Bagaskara dan Kezia Alaia