Inspirasi dalam menulis sebuah lagu bisa datang dari mana saja, entah dari pengalaman diri sendiri maupun faktor dari luar. Hal tersebut juga berlaku bagi band Kaloka, sebuah band akustik yang baru saja mengeluarkan single pertamanya yang berjudul “Begini Cinta” pada bulan Maret lalu. Lagu yang memiliki dua versi, yaitu versi singkat dan versi panjang tersebut rupanya sudah direncanakan sejak tahun 2019, tetapi baru dirilis pada awal tahun 2020. Adapun ide lagu tersebut tidak jauh-jauh dari lingkungan para anggota band.

Lagu “Begini Cinta” memiliki kisah yang sederhana, tetapi begitu manis untuk disimak. Di dalam lagu tersebut terdapat seseorang yang jatuh cinta kepada orang lain, tetapi tidak berani untuk mengungkapkannya.  Hanya memandang dari kejauhan sudah cukup untuk membuat hati orang tersebut merasa bahagia. Walau ia merasa cintanya bertepuk sebelah tangan, ia tetap ikhlas dalam mencinta dan tidak mengharapkan balasan perasaan yang sama. Namun pada akhirnya, orang yang disukainya memiliki perasaan yang sama dengannya. Kisah ini menggambarkan perasaan cinta yang murni tanpa mengharapkan balasan perasaan, tingkatan yang cukup tinggi dalam mencintai seseorang, tetapi agaknya perlu dipahami oleh para pencinta di luar sana.

Selain memiliki lagu yang bagus, nama band Kaloka sendiri memiliki arti yang cukup unik. Para anggota band memilih kata “kaloka” dari bahasa Sanskerta, yang berarti “termasyhur“. Meskipun begitu, hal tersebut tidak menjadikan band Kaloka terobsesi untuk menjadi sebuah band yang terkenal, melainkan mereka ingin lagu yang mereka ciptakan dapat didengar oleh banyak orang. Saat ini, band Kaloka telah selesai mempersiapkan bahan untuk lagu selanjutnya, yang akan dirilis dalam beberapa waktu mendatang.

 

Content by: Theofani L.C