W3.CSS Template

All About “Die For You (Remix)” The Weeknd ft. Ariana Grande

The Weeknd and Ariana Grande are back!

Teman lama sekaligus kolaborator ikonik Abel Tesfaye—atau yang lebih dikenal dengan nama The Weeknd—dan Ariana Grande kembali bekerja sama memadukan kecakapannya dalam bermusik di lagu terbaru mereka, “Die For You (Remix)”.

“Die For You” sejatinya adalah sebuah lagu dari album The Weeknd pada tahun 2016 yang bertajuk Starboy. Lagu tersebut kemudian “dihidupkan” kembali di TikTok pada tahun lalu dan kini menjadi hit kembali. Kiranya, agar menjaga momentum tetap berjalan, The Weeknd memilih Ariana Grande untuk membantu mempertahankan serta menghidupkan lagu itu menjadi sesuatu yang lebih fresh dan baru. Hal tersebut makin masuk akal mengingat Ariana Grande mampu membawa versi remix dari "Save Your Tears" ke puncak Hot 100 di tahun 2021.

“Die For You (Remix)” yang rilis pada Jumat (24/2) lalu juga menjadi sebuah kabar kejutan bahagia bagi para penggemar dan penikmat musik, terlebih Arianator (sebutan untuk penggemar Ariana Grande). Pasalnya, lagu tersebut merupakan karya pertama Ariana Grande semenjak ia hiatus dari dunia musiknya sejak 2021. Ariana Grande meninggalkan kerinduan yang teramat sangat bagi Arianator. Adapun alasan ia untuk rehat sejenak dari ruang rekamannya adalah kesibukannya memerankan tokoh Glinda dalam pembuatan film musikal fantasi The Wicked di London.

Sebelum perilisannya, pada Rabu (22/2) Ariana Grande memberikan petunjuk kepada publik dengan mengunggah sebuah video di akun TikTok dan Instagram pribadinya. Video tersebut memperlihatkan sedikit potongan proses saat ia mengerjakan bagian lagunya. Pada video itu pun tertulis “Wrote and recorded a verse for my friend after a 14 hour day on set. This certain exception had to be made….” bersamaan dengannya yang terlihat sedang bekerja di Pro Tools, bernyanyi, menyesuaikan harmoni, dan mengedit hasil vokalnya.

Suara Ariana Grande mulai terdengar pada chorus lagu. Sesuai dengan ciri khasnya, tentu ia tak hanya akan menyanyikan liriknya, tetapi juga menambahkan harmoni, vocal runs, dan whistle notes yang ciamik. Kemudian, ia mulai menyanyikan verse bagian kedua dengan lirik yang baru. Tak hanya indah dan merdu, banyak penggemar yang merasa bahwa suara Ariana telah berubah pada era ini. Hal tersebut boleh jadi disebabkan kelas latihan vokal yang Ariana Grande jalani selama setahun belakangan demi menyesuaikan peran sebagai Glinda.

Proyek ini menandai keempat kalinya duo musisi pop ini berkolaborasi bersama. Pada tahun 2021, The Weeknd bersama Ariana Grande bekerja sama untuk remixHot 100 dari After Hours "Save Your Tears". The Weeknd juga tampil di "Love Me Harder" dari album kedua Ariana Grande tahun 2014, My Everything, dan "Off the Table" dari album terbarunya pada tahun 2020, Positions.

Kini, "Die For You (Remix)" berhasil debut dengan lebih dari 8,9 juta streaming di Spotify Global. Angka tersebut mampu membuat lagu ini menjadi debut terbesar untuk remix dalam sejarah Spotify, melampaui milik mereka lalu, “Save Your Tears (Remix)”.

Oleh: Ulya Rachma

Sumber: Billboard