W3.CSS Template

Kenali Pomodoro Technique, Metode Pembagian Waktu yang Jitu untuk Belajar

Pekan Ujian Akhir Semester sudah semakin dekat, nih, Gen Muda! Akan tetapi, padatnya jadwal kuliah dan kegiatan di luar kampus mungkin membuat mahasiswa merasa sulit membagi waktu. Banyaknya tugas dan tekanan juga dapat menyebabkan rasa lelah, baik secara fisik maupun emosional, sehingga waktu yang seharusnya dapat dipergunakan untuk belajar, malah tidak dimanfaatkan secara maksimal. Bahkan, banyak mahasiswa sering tergoda oleh distraksi sehingga tugas dan proses belajar tertunda.

Untuk Gen Muda yang sedang kesulitan mengatur waktu ketika sedang belajar, menggunakan Pomodoro Technique dapat menjadi pilihan. Pomodoro Technique adalah metode pembelajaran yang dikembangkan oleh Francesco Cirillo untuk menunjang pembelajaran yang produktif. Jangan khawatir, Gen Muda, metode belajar ini tidak menyulitkan ataupun menuntut kalian untuk belajar secara terburu-buru, kok. Pomodoro Technique mendorong penggunanya untuk memanfaatkan kapasitas otak mereka semaksimal mungkin dalam periode 25 menit. Dahulu, Francesco Cirillo menggunakan timer dapur berbentuk tomat yang dimilikinya. Sekarang, Gen Muda bisa menggunakan timer di smartphone kalian sendiri.

Untuk mengikuti Pomodoro Technique, simak dengan baik langkah-langkah di berikut:

  1. Tentukan kegiatan yang akan dilakukan
  2. Atur timer selama 25 menit
  3. Lakukan kegiatan hingga timer berbunyi
  4. Istirahat selama 5 menit
  5. Setelah melakukan 4 putaran, ambil waktu istirahat yang lebih lama, disarankan 15-30 menit.

Hal yang menjadikan Pomodoro Technique sebuah metode belajar yang mudah diikuti adalah fleksibilitasnya. Pengguna metode ini tidak perlu menyelesaikan seluruh kegiatan kalian dalam waktu 25 menit. Gen Muda dapat membagi kegiatan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, agar setiap periode dapat dipergunakan secara efektif. Target dari masing-masing periode bisa disesuaikan dengan kesanggupan Gen Muda sendiri.

Metode belajar yang dikemukakan oleh Francesco Cirillo ini telah digunakan oleh banyak orang, dan efektivitasnya tidak perlu diragukan lagi. Dengan kegiatan dan durasi yang sudah ditentukan dari awal, Pomodoro Technique dapat meningkatkan konsentrasi, manajemen waktu, dan produktivitas, serta menurunkan distraksi dan tekanan.

Selagi masih ada waktu untuk mencicil materi Ujian Akhir Semester, pergunakan waktu dengan baik, yuk! Teruntuk Gen Muda yang sering merasa kesulitan mengatur waktu, Pomodoro Technique mampu membantu kalian memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin.

Oleh: Mekarsari Usirisanda Martana Sumber:

  • https://www.verywellmind.com/pomodoro-technique-history-steps-benefits-and-drawbacks-6892111
  • https://www.howtogeek.com/768636/how-to-use-windows-11s-built-in-pomodoro-timer/
  • https://todoist.com/productivity-methods/pomodoro-technique