W3.CSS Template

Tips Menghindari Begadang Versi RTC

Begadang jangan begadang

Kalau tiada artinya

Sepertinya penggalan lagu Rhoma Irama di atas tidak berlaku untuk mahasiswa, ya, Gen Muda. Begadang atau berjaga sampai larut malam pasti sering dilakukan mahasiswa terutama ketika perkuliahan sedang memasuki minggu-minggu ujian atau pengumpulan tugas. Waktu 24 jam dalam sehari seakan-akan tidak cukup untuk beraktivitas hingga harus memaksakan diri untuk begadang.

Begadang memang membantu kita untuk melakukan lebih banyak kegiatan. Akan tetapi, terlalu sering begadang bisa menimbulkan dampak negatif loh, Gen Muda. Dampak negatif yang timbul bisa seperti kulit tampak lebih tua, mudah lupa, menurunkan kemampuan berpikir, hingga meningkatkan risiko kematian. Sebelum kita terlanjur merasakan dampak buruk begadang, RTC punya tips nih untuk memperbaiki jam tidur kita dan menghindari begadang!

1. Hindari Minuman Berkefein

Minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, coklat, dan beberapa soft drink sebaiknya tidak terlalu sering dikonsumsi. Minuman berkafein dapat menghalangi kinerja adenosin, zat kimia dalam otak yang memicu rasa lelah. Dengan begitu, tubuh akan tidak mudah lelah jika kita terlalu banyak mengonsumsi kafein.

2. Jangan Tidur Siang

Siapa yang di sini suka ketiduran abis kelas siang? Nah, kalaupun Gen Muda gak bisa menahan rasa kantuk di siang hari, gak apa-apa kok untuk tidur siang. Namun, tidur siang yang ideal cukup 15-20 menit. Kalau kita ketiduran lebih lama dari itu, jam tidur malam kita akan lebih mundur lagi. Jadinya terpaksa begadang lagi deh.

3. Atur Kamar Tidur Senyaman Kita

Siapa yang di sini suka ketiduran abis kelas siang? Nah, kalaupun Gen Muda gak bisa menahan rasa kantuk di siang hari, gak apa-apa kok untuk tidur siang. Namun, tidur siang yang ideal cukup 15-20 menit. Kalau kita ketiduran lebih lama dari itu, jam tidur malam kita akan lebih mundur lagi. Jadinya terpaksa begadang lagi deh. Mungkin kita jarang memperhatikan faktor ini, tapi, kamar tidur yang nyaman bisa buat kita lebih mudah untuk tidur loh, Gen Muda. Kita bisa mulai langkah ini dengan memakai sprei tempat tidur yang kita suka. Selain itu, kita juga bisa memasang scented candle yang wanginya menenangkan kita ketika mau tidur. Mengatur pencahayaan lampu juga penting, jadi sesuaikan gelap atau terangnya cahaya kamar senyaman kita.

4. Relaksasi Sebelum Tidur

Membuat tubuh kita rileks atau tenang sebelum tidur dapat membuat kita lebih cepat terlelap. Kita dapat melakukan meditasi, mandi air hangat, mendengarkan musik yang tenang, atau peregangan otot yang ringan. Hindari kegiatan ekstrim sebelum jam tidur.

Setelah membaca tips-tips di atas, semoga kita bisa mengurangi begadang, ya, Gen Muda. Begadang mungkin sulit dihindari oleh mahasiswa. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika kita mulai mengurangi begadang. Mari kita mulai sayangi tubuh kita dengan mengurangi begadang!

Referensi : Alodokter dan helath.harvard.edu || Content by : Ali