W3.CSS Template

AMPLI 101, EDUKASI DASAR MENULIS LAGU OLEH MUSISI KENAMAAN INDONESIA

Dalam rangka merayakan Hari Musik Nasional, Aliansi Musisi dan Pencipta Lagu Indonesia (AMPLI) mengadakan online talkshow dengan judul “AMPLI 101”. Riko Prayitno, Wakil Ketua Bidang Keanggotaan dan Pemberdayaan AMPLI mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk mengedukasi dasar-dasar dalam menulis lagu. Acara ini diisi oleh musisi-musisi kenamaan Indonesia, seperti Eross Candra, Cholil Mahmud, Melly Goeslaw, Yovie Widianto, Iga Massardi, Baskara Putra, Yura Yunita, dan Sal Priadi. Rangkaian acara berlangsung mulai 1 s.d. 9 Maret 2022.

Acara dibuka oleh bincang-bincang bersama Eross Candra yang dimoderatori oleh Iga Massardi. Pencipta lagu Sephia ini menceritakan perjalanannya dari awal mulai terjun ke dunia musik dan menciptakan lagu untuk Sheila on 7. Dalam perjalanannya menciptakan lagu, Eross berterima kasih dengan hadirnya sosok Duta, vokalis Sheila on 7, yang berhasil menyanyikan dan mengungkapkan isi lagunya dengan baik. Dalam menciptakan lagu, Eross menyarankan agar pencipta lagu juga memikirkan kenyamanan penyanyi saat membawakan lagu tersebut.

Hari kedua AMPLI 101 diisi oleh cerita pengalaman Cholil Mahmud, vokalis dan gitaris Efek Rumah Kaca, yang didampingi oleh Baskara Putra. Pada awalnya berkarir didunia musik, Cholil mengaku pernah memasukkan demo lagunya ke label namun ditolak. Cholil berpesan agar jangan sampai kita menulis lagu yang tidak sejalan dengan isi hati kita.

Rangkaian online talkshow ini juga menghadirkan Melly Goeslaw bersama Yura Yunita. Melly Goeslaw mengaku awalnya ia suka merangkai kata-kata menjadi cerita pendek. Ia terinspirasi untuk memulai menulis lagu ketika ia mendengar Titiek Puspa yang tidak bisa main musik dan tidak paham not balok namun berhasil menciptakan lagu-lagu yang bagus. Setelah itu, penulis lagu Bunda ini mulai menulis lagu untuk dirinya sendiri hingga berani menciptakan lagu untuk musisi-musisi Indonesia.

Akhirnya, AMPLI 101 sampai ke akhir acara. Acara terakhir diisi oleh Yovie Widianto dan Sal Priadi. Komposer lagu Adu Rayu ini menceritakan proses ia awalnya belajar menulis lagu dari kecil. Setelah berhasil menciptakan karya-karya yang luar biasa, Yovie mengaku tidak ada acara yang pasti dalam menulis lagu. Setiap komposer mempunyai caranya masing-masing dalam menulis dan mengarang lagu. Hal yang terpenting adalah komposer harus tulus dalam menuliskan sebuah karya. Yovie mengatakan bahwa sebuah lagu dapat dikatakan bagus ketika seseorang berhasil menulis lagu dengan sepenuh cinta.

Acara AMPLI 101 berjalan dengan baik. Partisipan dalam acara ini juga antusias bertanya di setiap talkshow. Banyak hal-hal penting dalam menciptakan lagu yang disampaikan oleh setiap pengisi acara. Semoga AMPLI bisa dapat terus memberikan edukasi masyarakat Indonesia dalam bermusik, ya Gen Muda!

Content by Tania Naomi Serepina Simatupang