W3.CSS Template

Fenomena Hujan Meteor Perseid 13 Agustus 2023 Bisa Lihat Dengan Mata Telanjang Lho! Yuk, Simak Fakta Menariknya!

Hai, Gen Muda! Terutama kamu yang tertarik sama astronomi nih. Gen Muda udah pada tahu belum kalau bakalan ada fenomena hujan meteor perseid. Nah, kita bakalan bahas tentang fakta-fakta fenomena hujan meteor yang bisa kalian lihat langsung malam ini. Yuk, disimak!

1. Mengapa Bisa Terjadi Hujan Meteor Perseid?

Hujan meteor perseid terjadi kala Bumi mengelilingi Matahari dan sering kali melewati wilayah debu kosmis dalam tata surya. Hujan meteor yang muncul tampak memancar dari satu titik langit di rasi bintang Perseus sehingga fenomena ini disebut hujan meteor perseid. Hujan meteor ini disebabkan oleh Bumi melintasi puing-puing yang ditinggalkan oleh komet 109P/Swift-Tuttle. Saat itu, debu kosmis tersebut menjadi sumber hujan meteor ketika debu masuk atmosfer Bumi.

2. Seberapa Sering Terjadinya Hujan Meteor Persaid?

Hujan meteor persaid terjadi setiap tahun sekitaran Bulan Agustus. Di Indonesia sendiri, hujan meteor ini mudah dilihat. Tidak hanya di Indonesia, tetapi di belahan dunia lain pun mudah untuk dilihat.

3. Kapan Tepatnya Hujan Meteor Persaid 13 Agustus?

Waktu menyaksikan hujan meteor Perseid pada 13 Agustus dini hari yang terbaik adalah sekitar pukul 00.16-05.36 WIB. Dilihat dari tempat yang minim cahaya karena semakin gelap langitnya semakin baik. Dapat dilihat dengan mata telanjanga karena tidak berbahaya sama sekali.

Written by Amirah Mumtaz Lubis

Sumber : kompas.tv dan detik.com