W3.CSS Template

Cultural Art Week 2023: Bersama Rayakan Seni dan Kebudayaan Nusantara

Semarakkan pekan seni dan kebudayaan Indonesia di Cultural Art Week 2023!

Dengan mengangkat tema “Dereng Ngelar Kreativitas”, Cultural Art Week 2023 hadir untuk mewadahi, mengapresiasi, dan melestarikan nilai kreativitas seni Indonesia. Acara ini digelar oleh Departemen Seni dan Budaya BEM FH UI sebagai suatu bentuk manifestasi pemajuan kebudayaan sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Perundang-undangan Indonesia, Statuta Universitas Indonesia, dan visi misi BEM FH UI 2023.

Pekan raya seni ini dirayakan dalam rangkaian acara pre-event dan main event. Pre-event Cultural Art Week 2023 yang bertajuk Sembagi Nava berlangsung pada 21–22 November 2023. Acara tersebut menyuguhkan games booth “Lila Kaharsa”, snack booth “Kelontong Memori”, photo booth “Suak Pesona”, dan creativity booth “Betari Jemari”. Sementara itu, acara utamanya yang diberi judul Sembagi Bhavana berlangsung pada 25–26 November 2023 di Semesta’s Art Gallery Jakarta

Apa aja keseruannya?

Main event Cultural Art Week 2023: Sembagi Bhavana pada hari pertama mewujudkan kegiatan-kegiatan kesenian dengan menyuguhkan Workshop Widyantara, yaitu sebuah pottery painting class bersama Rania Yamin dan Ricodwichy. Para tamu yang datang berkesempatan untuk melukis sembari berbagi pengalaman bersama pembicara sesuai dengan sesi yang telah ditentukan.

Dalam sharing session pottery painting class sesi pertama, Rania Yamin, selaku salah satu pembicara, mengungkapkan bahwa sebagai seorang fashion influencer berkebaya Indonesia, ia selalu bangga dan percaya diri mengenakan batik atau kebaya Indonesia. Tidak hanya itu, agar penampilannya selalu maksimal, ia selalu menyiapkan pakaiannya satu jam sebelum dirinya pergi. Rania Yamin juga turut membagikan pengalamannya tentang budaya di Mangkunegaraan, buku favoritnya, dan lain-lain. Acara hari itu juga turut dimeriahkan oleh Pameran seni “Meraki Eunoia” dan Eksplorasi Makanan Tradisional Indonesia “Sejumput Nusantara”

Sementara itu, pada hari kedua, Cultural Art Week 2023 menyuguhkan Workshop Widyantara: Embroidery Batik Class yang turut dimeriahkan oleh penampilan tari tradisional dari SMA Putra Bangsa Depok, persembahan permainan angklung dari Taman Sawangan Ukulele, dan band performance dari BSO Band FEB UI.

Semoga kesadaran akan kayanya seni dan budaya Indonesia dapat terus lestari di antara anak muda Indonesia, ya! Gen Muda ingin informasi lebih lanjut terkait acara ini? Kunjungi media sosial mereka @culturalartweek di Instagram!

Salam Gempita Nusantara!

Written by Ulya Rahma